Bappeda lakukan Monitoring Lapangan di 18 Distrik

Bagikan Bagikan
Kepala Bappeda Kabupaten Mimika, Simon Mote.(Foto-Dok)

SAPA (TIMIKA) - Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Mimika sejak 3 September 2018 mulai melaksanakan monitoring lapangan di 18 distrik dengan melibatkan sebanyak 18 tim.

Menurut Kepala Bappeda, Simon Mote, jika diperlukan, monitoring dilakukan dengan pendampingan dari masing-masing organisasi perangkat daerah (OPD) terkait, termasuk kontraktor yang melaksanakan program kegiatan. Hal ini untuk mendapatkan penjelasan secara teknis tentang pelaksanaan kegiatan yang dimaksud.

“Berdasarkan SPT dan SPTD yang dikeluarkan, monitoring akan dilakukan selama lima hari terhitung sejak tanggal 3 September lalu. Berarti akan selesai di hari Jumat (7/9). Tim didampingi oleh perwakilan dari masing-masing OPD teknis, tapi itu juga kalau perlu,” kata Simon Mote, Kamis (6/9).

Hasil monitoring ini selanjutnya akan dilaporkan dalam bentuk presentasi dalam monitoring meja, yang rencananya akan digelar pada pekan depan. Karena, sebelum pelaksanaan monitoring lapangan Bappeda telah menyurat ke semua OPD untuk menyiapkan materi terkait bersama dengan rencana pelaksanaan pembangunan. Materi yang harus disiapkan setiap OPD antara lain mulai dari nama kegiatan, nama PPTK, lokasi kegiatan, nama kontraktor, nilai kontrak, kendala yang dihadapai selama pelaksanaan kegiatan, serta hal lainnya yang untuk kemudian di input ke sistem monitoring dan evaluasi (Simonev).

“Kedepanya nanti kita harapkan agar hasil monev ini akan terhubung ke seluruh OPD, agar bisa mengetahui kegiatan apa yang di kelola, berapa realisasi fisik dan keuangannya. Kalau ada keterlambatan atau kendala maka kita mencari solusi bersama dan diperbaiki bersama,” tuturnya.

Selanjutnya, Simon menjelaskan bahwa pelaksanaan monitoring lapangan dan monitoring meja dilaksanakan sebagaimana ditegaskan dalam peraturan Undang-undang (UU) Nomor 25 tahun 2004, tentang sistim perencanaan pembangunan nasional dan Permendagri Nomor 6 tahun 2007, tentang tata cara perencanaan pengendalian dan evaluasi pembangunan daerah yang merupakan satu kesatuan sistim perencanaan pembangunan nasional.

Bappeda Kabupaten Mimika sebagai perangkat daerah yang merupakan unsur penunjang urusan pemerintahan di bidang perencanaan dan pengendalian pembangunan, sebagaimana dirumuskan di dalam Peraturan Pemerintah Nomor 18 tahun 2018, maka Bappeda melaksanakan monitoring evaluasi atas pelaksanaan rencana pembangunan tahun 2018.

“Pelaksanaan monitoring ini harus kami lakukan berdasarkan rujukan peraturan tersebut. Jadi pekan depan kami sudah mulai dengan monitoring meja, karena kami juga sudah surati semua OPD supaya mempersiapkan segala sesuatunya,” tuturnya. (Acik)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment