Bupati Yahukimo Minta DAK Digunakan Untuk Air Bersih

Bagikan Bagikan
Bupati Yahukimo, Provinsi Papua, Abock Busup.(Foto-Spc)

SAPA (WAMENA) - Bupati Yahukimo, Provinsi Papua, Abock Busup meminta pemerintah kampung memanfaatkan separuh dari dana alokasi kampung (DAK) untuk sarana air bersih.

Bupati Abock Busup saat di Wamena, Ibu Kota Kabupaten Jayawijaya, Minggu (16/9), mengatakan selama ini masyarakat hanya mengandalkan air kali untuk pemenuhan kebutuhan sehari-hari, dan jarak permukiman dengan kali sangat jauh.

"Sehingga kita sarankan untuk anggaran dana desa/kampung bisa masing-masing desa beli selang dan pasang. Tinggal rapat, musyawarah dan tentukan, programkan untuk belanja sarana air bersih," katanya.

Menurut dia, pemerintah sudah melakukan hal itu hanya saja karena keterbatasan dana sehingga tidak bisa dilakukan sekaligus untuk seluruh perkampungan.

"Anggaran pemerintah terbatas sehingga beberapa tahun terakhir ini ada beberapa distrik yang kita bantu air bersih. Kita belanjakan selang, nanti baru dibawakan ke kampung," katanya.

Ia mengatakan, beberapa tahun terakhir pemerintah terus membuka berbagai akses pelayanan, misalnya jalan dan lapangan terbang, agar warga tidak lagi terisolasi.

Khusus untuk akses jalan, pemerintah sudah, dan mulai membuka jalan antardistrik hingga antarkabupaten, seperti jalan penghubung Kabupaten Yahukimo dan Kabupaten Asmat serta Kabupaten Yahukimo dengan Kabupaten Jayawijaya.

Untuk akses jalur udara, Kabupaten Yahukimo telah mendapat subsidi baik untuk penerbangan perintis penumpang maupun penerbangan kargo dan hal itu sudah berjalan sehingga harga kebutuhan pokok di sana semakin murah.

"Dengan adanya subsidi dari Kementerian Perhubungan, harga beras misalnya di Distrik Puldama sudah bisa dijual dengan harga RP20 ribu. Sebelum ada subsidi, harga beras di distrik itu dijual Rp60 ribu per kilogram," katanya. (Ant)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment