Dandim Sebut Jurnalis Sebagai Pemersatu Gagasan Demi Keutuhan NKRI

Bagikan Bagikan
Dandim 1710 Mimika, Letkol Inf Pio L. Nainggolan. (Foto-Salma)

SAPA (TIMIKA) – Komandan Kodim (Dandim) 1710/Mimika, Letkol Inf Pio L. Nainggolan mengatakan, Jurnalis merupakan salah satu alat pemersatu bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) lewat sosialisasi kepada masyarakat untuk tidak melakukan tindakan kekerasan atau pemaksaan terhadap segala hal.

“Peran jurnalis mempersatukan ide atau gagasan demi kepentingan yang lebih besar, artinya keutuhan wilayah, keutuhan bangsa kita, keamanan dan ketertiban di wilayah kita. Media punya peran penting untuk mensosialisasikan kepada masyarakat, bahwa, kalau memang ada ide jangan diwujudkan dalam sebuah tindakan kekerasan atau pemaksaan. Mungkin ide itu bisa disampaikan lewat berbagai kegiatan,” ujarnya ketika ditemui Salam Papua di Aula Kodim, Jalan Agimuga-Mile 32, Senin (10/9).

Ia mengungkapkan, komunikasi adalah cara yang efektif dan paling utama. Masyarakat bisa menyampaikan dan menerima ide atau gagasan yang dibentuk masing-masing kelompok. Untuk itu, kata Dandim, perlu adanya pemanfaatan media sosial dengan baik. Di mana, tidak boleh ada sesuatu yang memicu perbedaan untuk menyebarkan ideologi yang membahayakan persatuan.

“Kalau dihadapkan dengan hoaks sehingga menimbulkan persepsi kelompok lain menjadi saling bergesekan, maka media dapat menjadi aktor pemersatu itu sendiri. Lewat berbagai komunikasi, kita bisa menyampaikan ide gagasan dan kita bisa saling menerimanya. Jika ada perbedaan, kita bisa membawa mereka untuk menyampaikan idenya guna mencegah tindakan yang dapat memecah belah bangsa kita,” kata Dandim. (Salma)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment