Gubernur dan Wagub Papua Terpilih Dilantik 5 September

Bagikan Bagikan
Pjs Gubernur Papua Soedarmo.(foto-kabarpapua.co)

SAPA (MAKASSAR) – Penjabat Gubernur Papua Soedarmo, di Jayapura, Senin (3/9), mengatakan pelantikan Gubernur dan Wakil Gubernur Papua terpilih periode 2018-2023 itu akan dipercepat pelaksanaannya, dari jadwal semula 17 September menjadi 5 September 2018.

"Hari ini saya manfaatkan waktu untuk pamitan karena besok lusa (5/9) akan dilaksanakan pelantikan pejabat definitif dari Gubernur dan Wakil Gubernur Papua terpilih di Istana Presiden Jakarta," kata Soedarmo yang juga merupakan Dirjen Politik dan Pemerintahan Umum (Polpum) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

"Dan kemungkinan serah terima jabatan Gubernur Papua dari saya ke pejabat definitif akan dilaksanakan pada 7 September 2018," ujarnya saat memimpin apel pagi di lingkungan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua.

Ia mengatakan apel pagi itu merupakan kesempatan terakhir untuk bertatap muka dengan para pegawai di jajaran Pemprov Papua.

"Saya mengucapkan terima kasih atas penghargaan yang tinggi untuk kerja sama yang telah ditunjukkan selama ini dari seluruh komponen," kata mantan Plt Gubernur Aceh tersebut.

Dia menambahkan, dengan kerja sama yang baik dari semua komponen, akhirnya selama menjabat sebagai penjabat gubernur, tugas dan tanggung jawab dapat dilaksanakan secara maksimal.

"Jika selama menjabat masih terdapat kekurangan khususnya dalam memperjuangkan hak-hak dan berbagai kebijakan untuk meningkatkan kesejahteraan baik pegawai maupun masyarakat, saya menyampaikan permintaan maaf," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) Kemendagri Bahtiar kepada Antara melalui pesan singkatnya mengatakan informasi sementara akan dilaksanakan pelantikan sembilan gubernur yang direncanakan secara serentak tahap pertama pada Rabu (5/9) termasuk di dalam Gubernur dan Wakil Gubernur Papua terpilih.

"Hari ini (3/9) rapat finalisasi Kemendagri dengan Kemensesneg dan kepastian jadwal dimaksud," katanya.  

Dirjen Otonomi Daerah Kementerian Dalam Negeri Soni Sumarsono yang juga menjabat Penjabat Gubernur Sulawesi Selatan  dalam pesan singkat yang diterima di Makassar, Senin (3/9) menyampaikan Gubernur dan Wakil Gubernur terpilih Provinsi Papua, Lukas Enembe dan Klemen Tinal (Lukmen) akan dilantik bersama tujuh gubernur dan wakil gubernur lainnya di Istana oleh Presiden Joko Widodo pada Rabu (5/9). 

"Pelantikan gubernur dan wakil gubernur terpilih tahap I, pada tanggal 5 September untuk delapan provinsi," katanya.

Delapan provinsi tersebut adalah Sumatera Utara (Sumut), Sulawesi Tenggara (Sultra), Sulawesi Selatan (Sulsel), Jawa Tengah (Jateng), Bali, Kalimantan Barat (Kalbar), Nusa Tenggara Timur (NTT), dan Papua.

Sementara untuk Tahap II, dijadwalkan pada tanggal 27 September, untuk empat pemerintah provinsi, yaitu Jawa Barat (Jabar), Nusa Tenggara Barat (NTB), Sumatera Selatan (Sumsel), dan Kalimantan Timur (Kaltim).

Menurut Soni, pada pelantikan tersebut, undangan terbatas hanya untuk yang akan dilantik dan pendampingnya.

"Ditambah Forkominda, penjabat gubernur, dan istri sejumlah pejabat pusat dan para menteri kabinet kerja," kata dia.

Sejumlah pejabat dari daerah, kata dia, juga akan hadir, tetapi tidak semua bisa ikut masuk ke dalam gedung.

"Disediakan layar lebar untuk nonton bersama prosesi pelantikan di gedung sebelahnya, dalam kawasan istana," katanya.

Saat ini, lanjut Soni, dia sudah berada di Jakarta, dan sibuk mempersiapkan pelantikan serentak, dalam kapasitasnya sebagai Dirjen Otda. (Ant)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment