HUT Polwan Ke-70, Bripka Eka Iriniangsih Bosta Dapat Penghargaan dari Presiden

Bagikan Bagikan
Sejumlah Polwan termasuk Bripka Eka Iriniangsih Bosta menerima penghargaan Presiden. (Foto-istimewa)

SAPA (TIMIKA) – Anggota polisi wanita (Polwan) Polres Jayapura, Papua, Bripka Eka Iriniangsih Bosta, mendapatkan penghargaan dari Presiden Republik Indonesia (RI) Ir Joko Widodo pada HUT Polwan ke-70 yang digelar dilapangan Silang Monumen Nasional (Monas), Jakarta, pada Senin (3/9).

Berdasarkan keterangan pers Polres Jayapura yang diterima Salam Papua, Selasa (4/9), HUT Polwan ke-70 yang digelar di Monas mengangkat tema “Polwan Promoter siap Menyukseskan Agenda Kamtibmas 2018-2019". Hadir dalam kegiatan ini Ibu Negara, Iriana Joko Widodo, Ibu Wakil Presiden, Mufidah Jusuf Kalla, Ibu Kapolri, Tri Tito karnavian, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Puan Maharani, Menteri Keuangan, Sri Mulyani, Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti, Menteri Kesehatan, Nila Moeloek, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Rini Soemarno, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Siti Nurbaya, Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Yohana Susana Yembise serta para pejabat tinggi Polri beserta Bhayangkari.

Bertindak selaku inspektur upacara Wakil Kepala Kepolisian Daerah Kalimantan Barat, Brigjen Dra. Sri Handayani. Upacara juga diisi dengan pembacaan amanat Kapolri, Jenderal Tito Karnavian oleh Inspektur Upacara.

Dalam amanatnya, Kapolri mengatakan hingga saat ini polwan Indonesia telah mencapai jumlah 24.029 orang atau 5,7 persen dari jumlah anggota polisi secara keseluruhan, dengan tingkat kepangkatan yang bervariasi, mulai brigadir polisi 79,72 persen, perwira pertama polisi 12,18 persen, perwira menengah Polri 8,08 persen dan perwira tinggi Polri 0,02 persen.  
Bripka Eka Iriniangsih Bosta saat mengajar di PAUD. (Foto-istimewa)
"Para polwan ini telah dipercaya untuk menduduki berbagai jabatan strategis, seperti Wakapolda Kalimantan Barat dijabat oleh Brigadir Jenderal Polisi Sri Handayani, maupun jabatan lainnya di tingkat Polda," kata Kapolri dalam amanatnya.

Senada dengan hal tersebut, Ibu Iriana Joko Widodo dalam sebuah tayangan mengucapkan selamat hari jadi ke-70 untuk polwan. Dirinya ikut bangga karena saat ini semakin banyak jumlah polwan yang memiliki posisi strategis, profesional, dan menjalankan tugas dengan tegas dan lembut.

"Saya harap polisi wanita Republik Indonesia menjadi inspirasi bagi anak-anak perempuan kita semua. Dirgahayu Esti Bhakti Warapsari. Teruskan mengabdi kepada Negara dan melayani rakyat Indonesia dengan tegas dan lembut," kata Ibu Negara dalam tayangan tersebut.

Menurut Kapolri, di usia yang ke-70 ini, konsistensi dan komitmen polwan untuk terus berprestasi diharapkan dapat terus meningkat. Sebagai bagian dari sumber daya manusia Polri, lanjut Kapolri, Polwan juga diharapkan bisa mempersiapkan diri untuk menghadapi tantangan tugas Polri yang semakin kompleks, termasuk peran sertanya untuk turut menyukseskan pengamanan agenda kamtibmas.

"Selaras dengan hal tersebut, peringatan hari ulang tahun polwan pada 2018 ini mengangkat tema 'Polwan Promoter Siap Menyukseskan Agenda Kamtibmas 2018-2019',” ujar Kapolri.

Selain itu, penghargaan juga diberikan kepada 10 polwan yang berprestasi Penerima Pin emas Garuda, yakni Irjen Pol (Purn) Basaria Panjaitan, SH., MH, Brigjen Pol (Purn) Rumiah, S.Pd, Brigjen Pol Dra. Sri Handayani, MH, Kombes Pol. Dra. Murnila, AKBP Yuli Cahyati, SS., M.Si, AKBP Siwi Erma Andriani, SIK, Kompol Rosana Albertina, AKP Sulastri, Bripka Eka Irianingsih Bosta dan Bripda Akyo Micheel Kapito. 
Bripka Eka Iriniangsih Bosta saat menerima penghargaan dari Kapolres Jayapura. (Foto-istimewa)
Bripka Eka Irianingsih Bosta yang merupakan anggota Polres Jayapura dan ikut menerima Pin emas Garuda itu, memiliki pencapaian dan prestasi sebagai Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Bhabinkamtibmas).

Yang bersangkutan pernah menerima penghargaan dari Kepala Polres Jayapura sebagai Bhabinkamtibmas polwan terbaik di Polres Jayapura pada bulan Maret 2018. Di mana, Bripka Eka mampu membentuk Forum Kemitraan Polisi dan Masyarakat (FKPM) di Kampung Nembukrang Sari, Distrik Nimbokrang. Selanjutnya, menjadi pengajar di Sekolah Pelopor Keadilan (SPK) Kampung Nembungkrang Sari di PAUD Ngambe.

Video dokumentasi Bripka Eka dikirimkan menjadi salah satu peserta UN International Women’s Day dengan tema “Time is Now: Rural and urban activists transforming women’s lives” pada Bulan Maret 2018. Dan Kampung Nembokrang Sari sebagai kampung dampingan Bripka Eka, mendapat kunjungan dari Duta Besar Belanda urusan HAM pada bulan Mei 2017, dan mendapat apresiasi langsung melalui media sosial atas pencapaian Bripka Eka di Kampung Nembokrang Sari, Distrik Nimbokrang, Kabupaten Jayapura. (Sld)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment