Jelang PON XX, 27 Atlet Mimika Tes Kesehatan

Bagikan Bagikan
Penyerahan secara simbolis hasil tes kesehatan 27 atlet Mimika dari pihak RSUD Mimika kepada tim KONI Papua.
(Foto-Salma)

SAPA (TIMIKA) - Sebanyak 27 atlet di Kabupaten Mimika telah menyelesaikan tes kesehatan yang dilaksanakan Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Provinsi Papua jelang Training Center (TC) yang berjalan menuju PON ke XX tahun 2020 di Papua.

“Tes kesehatan dilakukan Senin sampai Selasa (3-4/9) lalu. Dimana ada 27 atlet yang sudah menjalani pemeriksaan kesehatan. Hasilnya nanti akan kita bawa ke Jayapura dan diserahkan kepada bidang pembinaan prestasi KONI Papua,” kata Wakil Ketua Bidang Organisasi KONI Papua, George Weyasu, saat ditemui Salam Papua di RSUD Mimika, Kamis (6/9).

Hasil tes kesehatan itu nantinya akan dilajutkan ke Rumah Sakit Dok II Jayapura, yang kemudian akan diperiksa hingga memberikan rekomendasi terhadap 27 atlet tersebut guna mengikuti tahapan selanjutnya, yakni tes fisik.

27 atlet yang telah menjalani tes kesehatan itu terdiri dari beberapa cabang olahraga (Cabor), diantaranya 1 atlet Taekwondo, 8 atlet Rugby, 11 atlet Muaythai, 2 atlet Golf, 4 atlet Bilyard, dan 1 atlet Pencak Silat.

“Harus ada rekomendasi dari rumah sakit dok II Jayapura, apakah atlet itu memungkinakan dipanggil untuk ikut tes fisik atau tidak,” ujarnya.

Apabila dari hasil tersebut terdapat atlet yang dinyatakan tidak sehat, maka cabor bersangkutan dapat mengajukan atlet lain untuk menggantikan atlet yang tidak lolos di kesehatan.

“Sebagai KONI Papua, kita tetap berkoordinasi dengan semua cabor untuk mengusulkan atlet yang beropotensi dan digodok untuk mengikuti tes.  Dimana tes ini akan ditangani oleh Puslat Provinsi Papua yang dibentuk KONI, dimana secara khusus nantinya akan menangani atlet kontingen Papua PON XX,” katanya.

Selain 27 atlet tersebut, kata George, nantinya tes kesehatan itu juga akan diikuti oleh atlet dari cabor lain yang sementara sedang mengikutik kejuaraan daerah (Kejurda) di Kabupaten Biar Numfor.

“Yang memperoleh medali emas, perak dan perunggu, akan dipanggil untuk ikut tes. Kita berharap mereka bisa menjadi atlet kontigen Papua yang akan mengharumkan nama Papua di PON XX tahun 2020 mendatang,” ujarnya. (Salma)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment