Kodim Biak Kerahkan 180 Babinsa Menjaga Stabilitas

Bagikan Bagikan
Dandim 1708Biak Numfor, Letkol Dominggus C Soumokil.(Foto-Atr)

SAPA (BIAK)  -  Kodim 1708/Biak Numfor mengerahkan 180 Babinsa untuk menciptakan stabilitas keamanan di daerah itu menjelang Pemilu 2019.

"Peran Babinsa dalam mengatasi masalah keamanan dan ketertiban di dalam masyarakat cukup signifikan dan berpengaruh terhadap stabilitas keamanan," kata Dandim 1708/Biak Numfor, Letkol Dominggus C Soumokil, di Biak, Rabu (5/9).

Ia mengatakan Babinsa dalam melaksanakan tugas pembinaan teritorial telah dibekali dengan lima kemampuan teritorial AD, yakni Temu Cepat Lapor Cepat, Manajemen Teritorial, Penguasaan Wilayah, Pembinaan Perlawanan Rakyat serta Komunikasi Sosial.

Dandim mengakui kelima kemampuan teritorial itu sudah tertanam dan terpatri di setiap prajurit TNI AD, khususnya Babinsa dalam melaksanakan tugasnya di lapangan.

Letkol DC Soumokil menyebutkan dalam Peraturan Kepala Staf TNI AD Nomor 19/IV/2008 tertanggal 8 April 2008, seorang Bintara Pembina Desa berkewajiban untuk melaksanakan pembinaan teritorial sesuai petunjuk atasannya, yaitu komandan Kodim/Korem.

Secara pokok Babinsa, menurut Dandim, mempunyai tugas untuk mengumpulkan dan memelihara data pada aspek geografi, demografi, hingga sosial dan potensi nasional di wilayah kerjanya.

Berbagai aspek potensi wilayah itu, lanjutnya, menyangkut sumber daya manusia, potensi sumber daya alam, sarana-prasarana dan infrastruktur di wilayah binaannya.

Contoh dalam meningkatkan partisipasi pemilih, menurut Dandim Letkol Soumokil, Babinsa bersama aparat pemerintah kampung/desa dan Bhabinkamtibmas melakukan sosialisasi bersama tentang pentingnya partisipasi langsung masyarakat dalam menyalurkan hak pilih Pemilu secara demokratis.

"Para Babinsa TNI AD sebelum bertugas harus diberikan pelatihan khusus selama beberapa bulan mengacu pada buku ajar yang telah ditetapkan," katanya.

Berdasarkan data peran nyata 250 Babinsa di wilayah Kodim 1708 meliputi Kabupaten Biak Numfor dan Kabupaten Supiori menjadi penggerak warga untuk melaksanakan berbagai program pembangunan melalui penggunaan kucuran dana desa. (Ant)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment