Korupsi Dana Pengawasan Pilkada Papua Barat Terungkap

Bagikan Bagikan
Kasat Reskrim Polres Manokwari, AKP Indro Rizkiadi.(Foto-Papua.co)
SAPA (MANOKWARI) - Dugaan tindak pidana korupsi pengelolaan dana pengawasan Pemilihan Kepala Daerah Papua Barat 2017 mulai terungkap.

Penyidik Satuan Reserse dan Kriminal Polres Manokwari sedang melakukan penyelidikan dan penyidikan dugaan korupsi di Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Papua Barat tersebut.
Kasat Reskrim Polres Manokwari AKP Indro Rizkiadi, di Manokwari, Rabu (5/9), menyebutkan pihaknya telah menerima hasil audit investigasi yang dilaksanakan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Perwakilan Papua Barat.

Berdasarkan hasil audit itu, terdapat kerugian negara pada penggunaan dana pengawasan Pemilihan Gubernur (Pilgub) Papua Barat 2017 yang dikelola Bawaslu.

"Sekitar satu miliar rupiah kerugian negaranya. Hasil audit BPKP telah kami terima," ujar Indro.

Polres Manokwari berencana melaksanakan gelar perkara atas kasus tersebut. Penyidik sudah mengantongi nama yang berpotensi kuat menjadi tersangka.
Kendati demikian, pihaknya belum bersedia membeberkan baik inisial maupun jumlah calon tersangka kepada publik. Hal itu akan dilakukan setelah gelar perkara dilakukan.

"Setelah kami gelar perkara akan disampaikan tersangkanya serta kerugian negara yang sudah dihitung oleh BPKP," ujarnya lagi.

Ia menambahkan, dalam mengungkap kasus ini, penyidik telah memeriksa sejumlah saksi, termasuk mantan ketua Bawaslu.

Penyidik juga telah menyita sejumlah dokumen sebagai barang bukti. (Ant)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment