Masjid Agung Biak Pasang Delapan Kamera CCTV

Bagikan Bagikan
Masjid Agung Baiturrahman Biak Numfor.(Foto-Foursquare)

SAPA (BIAK) - Pengurus Masjid Agung Baiturahman Kabupaten Biak Numfor, Provinsi Papua memasang delapan unit kamera pengawas Close Circuit Television (CCTV) dalam upaya meningkatkan pengamanan barang aset jamaah masjid itu.

Ketua pengurus takmir Masjid Agung Biak Haji Husin Tamher di Biak, Senin (10/9) menjelaskan, pemasangan kamera CCTV ini sebagai upaya memberikan rasa aman-nyaman bagi warga yang menunaikaan ibadah di masjid.

Dengan adanya pemasangan kamera CCTV , menurut Husin Tamher, jamaah masjid yang membawa barang bawaan atau kendaraan ke masjid tidak khawatir hilang karena terjaga keamanannya.

Apalagi area masjid Agung Baiturahman berada di pinggir jalan raya, menurut dia, setiap orang terkadang muncul rasa was-was akan keamanan barang bawaannya sehingga bisa mengganggu ketenangan dan kekhusuan dalam beribadah.

"Melalui pemasangan kamera CCTV itu untuk mencegah terjadi pelanggaran dan penyimpangan yang dapat terjadi di masjid,"katanya.

Ia menyebut perangkat elektronik tersebut berupa kamera pengawas untuk memantau segala kegiatan di dalam masjid.

Alasan pemasangan kamera CCTV, lanjutnya, untuk membantu pengawasan masjid guna mengatasi masalah pencurian peralatan masjid dan barang jamaah saat akan melaksanakan shalat lima waktu.

"Setiap sudut strategis masjid telah dipasang camera CCTV sehingga dengan mudah memantau kegiatan jamaah saat berada di areal masjid," katanya.

Sebelumnya, Kepala Kepolisian Resor Biak AKBP Rachmad Amsori SIK mengimbau rumah ibadah masjid dan gereja dapat memasang camera pengawas CCTV sehingga dapat membantu aparat keamanan dalam mengungkap kasus kejahataan di sekitar masjid.

"Baru-baru ini kami mengungkap kasus pencurian kotak amal di masjid terekam dengan kamera CCTV sehingga sangat membantu aparat keamanan mengenal wajah pelaku secara jelas, ini kelebihan dari dipasangnya CCTV," kata Rachmad Amsori.

Berdasarkan data sejumlah masjid di Biak pada tahun 2018 telah memasang kamera pengawas CCTV di antaranya Masjid Syuhada Angkasa, Masjid Babbuljannah Makorem 173/PVB, Masjid Babussalam pasar lama, Masjid Agung Baiturahman, Masjid Al Ikhlas sebagai antisipasi menjaga keamanan barang bawaan jamaah masjid. (Ant)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment