Pemkab Biak Dorong Inspektorat Validasi Proyek OPD

Bagikan Bagikan
Pelaksana tugas Bupati Biak Numfor Herry Ario Naap memimpin apel gabungan ASN Pemkab. (Biak-FotoAntara)

SAPA (BIAK) - Pemerintah Kabupaten Biak Numfor, Papua mendorong badan pengawas internal Inspektorat melakukan validasi faktual terhadap pekerjaan proyek di lingkungan organisasi perangkat daerah yang telah mencapai 100 persen.

"Ada contoh pekerjaan proyek sudah 100 persen di dinas perikanan tetapi serapan anggarannya menunggu pembayaran, ya akhir triwulan ketiga 2018 harus lebih tinggi serapan anggaran," harap pelaksana harian Sekretaris Daerah Biak, Andreas F Lamecki di Biak, Senin (3/9).

Ia mengakui lambannya serapan anggaran perlu dievaluasi bersama pimpinan organisasi perangkat daerah bersangkutan.

Dia berharap, setiap pimpinan organisasi perangkat daerah harus berupaya meningkatkan jumlah serapan anggaran pemerintah hingga akhir triwulan tiga.

"Jika serapan anggaran proyek pemerintah tinggi akan berdampak mempengaruhi kegiatan perekonomian masyarakat, ya ini harus menjadi perhatian pimpinan organisiasi perangkat daerah," ujar Andreas Lamecki yang keseharian Asisten III Sekda pada apel gabungan ASN.

Pelaksana harian Sekda Andreas Lamecki menyebut Pemkab Biak Numfor hingga saat ini berencana akan melakukan rasionalisasi anggaran dan penataan kelembagaan perangkat daerah.

Untuk penataan kelembagaan perangkat daerah, menurut Andreas Lamecki dengan ditetapkan Perda Nomor 3 Tahun 2016 yang telah berlku dua tahun masih dilakukan kajian tim Pemkab Biak Numfor.

"Dua opsi yang sedang disiapkan pemkab Biak Numfor dalam upaya mengefektifkan tata kelola keuangan yakni melakuka rasinalisasi dan penataan kembali organisasi perangkat daerah," ujarnya.

Apel gabungan ASN di lingkup Pemkab Biak Numfor diikuti seribuan ASN, kepala dinas, badan, kantor dan sekretaris DPRD. (Ant)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment