Pemkab Biak Seleksi Status 3.000 Tenaga Honorer

Bagikan Bagikan
Pelaksana Tugas Bupati Biak Herry Ario Naap.(Foto-Atr)

SAPA (BIAK) - Pemerintah Kabupaten Biak Numfor, Papua mulai 1 Desember 2018 akan menyeleksi administrasi keberadaan status sekitar 3.000 tenaga honorer daerah di berbagai organisasi perangkat daerah.

"Penertiban surat keputusan kontrak tenaga honorer daerah akan dikeluarkan satu pintu melalui badan kepegawaian dan pengembangan karier ASN dengan SK Bupati dan tidak lagi dibuat lewat kepala OPD, kepala distrik atau lurah," tegas Pelaksana Tugas Bupati Biak Herry Ario Naap di Biak, Senin (10/9).

Ia mengakui pembayaran insentif upah ribuan tenaga honorer di pemkab Biak Numfor telah membebani anggaran pemkab Biak Numfor sehingga harus dilakukan penertiban secara administrasi.

Melalui penertiban administrasi, menurut Plt Bupati Herry Naap, diharapkan dapat meningkatkan tata kelola birokrasi pemerintahan Biak Numfor yang efektif, efisien dan disiplin dalam pengelolaan administrasi tenaga honor daerah.

Kebijakan untuk menata kembali status tenaga honorer di Pemkab Biak Numfor, lanjut Herry Naao, harus segera dilakukan pemkab jika ingin mengurangi beban keuangan pemerintah di tahun 2019.

Kepada semua pimpinan OPD di jajaran pemkab Biak Numfor, menurut Herry Naap, diminta ikut serta mendukung kebijakan bupati dalam rangka meningkatkan kesejahteraan ASN di waktu mendatang.

"Ada tenaga honorer yang tidak aktif lagi bekerja tetapi masih menerima upah, ya masalah ini harus dilakukan penertiban secara administrasi," kata Plt Bupati Herry Naap.

Berdasarkan data tenaga honorer yang sangat dominan dimiliki OPD di lingkungan pemkab diantaranya tenaga kebersihan, satuan Polisi Pamong Praja, kantor distrik/kecamatan, kelurahan serta beberapa dinas teknis lainnya di Kabupaten Biak Numfor.

Hingga tahun 2018 jumlah Aparatur Sipil Negara (ASN) yang masih aktif bekerja mencapai sekitar 5.000 PNS tersebar di dinas, badan, kantor, distrik/kecamatan, kelurahan dan tenaga guru, kesehatan dan sekretaris kampung. (Ant)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment