Pencaker Mimika 7.000 Orang, Peluang Kerja Disesuaikan Spesifikasi

Bagikan Bagikan
Kepala Bidang Penempatan dan Pelatihan Kerja, Disnakertrans Mimika, Jehuda B.B Akobiarek, SH.(Foto-Acik)

SAPA (TIMIKA) – Hingga akhir Agustus lalu, jumlah pencarai kerja (Pencaker) yang terdata melalui kepengurusan Kartu Kuning di Kantor Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigras (Disnakertrans) Kabupaten Mimika mencapai lebih dari 7.000 orang.  Peluang bagi ribuan pencaker ini belum bisa dipastikan, karena penerimaan di setiap perusahaan disesuaikan dengan spesifikasi yang dibutuhkan.

 “Bicara peluang, saya rasa di setiap perusahaan ada peluang, tapi persoalannya perusahan menerima sesuai dengan spesifikasinya. Kalau membutuh mekanik, maka yang diterima pencaker yang latar belakang pendidikan mekanik,” kata Kepala Bidang Penempatan dan Pelatihan Kerja, Disnakertrans Mimika, Jehuda B B Akobiarek, SH  saat ditemui di Kantor Disnakertrans Mimika, Rabu (12/9).

Ia menjelaskan, PT Freeport Indonesia (PT FI) membutuhkan tenaga untuk mengisi kekosongan karyawan yang dianggap mengundurkan diri secara sepihak, maka peluang bagi pencaker akan semakin besar.

Menurut dia, dari angka 7.000 lebih tersebut, jika terhitung bulan Desember mendatang, maka capaian di tahun 2018 masih tergolong normal dan sama dengan capaian tahun-tahun sebelumnya.

“Sebanyak 7.000 lebih pencaker itu masih tergolong normal, karena masih ada beberapa bulan lagi sampai akhir tahun ini. Karena tahun sebelumnya mencapai 9.000 hingga 10.000,” kata Jehuda saat ditemui di kantor Disnakertrans, Rabu (12/9). (Acik)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment