Pencari Kerja Biak Dominan Lulusan SMA/SMK

Bagikan Bagikan
Kadisnaker Kabupaten Biak Numfor, Enias Rumbewas.(Foto-Nc).

SAPA (BIAK) - Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kabupaten Biak Numfor, Papua hingga September 2019 mencatat jumlah pencari kerja mencapai 5.000 orang dengan dominan lulusan SMA/SMK sederajat.

"Jumlah tertinggi di atas 60 persen pencari kerja merupakan lulusan SMA/SMK serta sisanya berkualifikasi sarjana, diploma III dan lulusan SMP," ungkap Kepala Dinas Tenaga Kerja Biak (Kadisnaker), Enias Rumbewas dihubungi di Biak, Minggu (16/9).

Ia mengakui, dari data pencari kerja yang terdaftar di Disnaker Biak Numfor sebagian besar minim tidak mempunyai keterampilan dan keahlian khusus sehingga belum dapat terserap dalam sektor kerja tertentu.

Kadisnaker Enias Rumbewas menyebut, upaya nyata dilakukan Pemkab Biak Numfor untuk membekali keterampilan pencari kerja dengan memogramkan kegiatan kursus atau pelatihan di Loka Latihan Kerja Usaha Kecil Menengah (LLK UKM) hingga mendapatkan program magang keluar Papua.

Menyinggung kendala dalam memberikan pelatihan bagi pencari kerja, menurut Enias Rumbewas, salah satunya keterbatasan anggaran yang dialokasikan pemda setiap tahun.

Kadisnaker berharap kepemimpinan bupati dan wakil bupati terpilih Biak Numfor, Herry dan Nehem dapat memberikan perhatian untuk peningkatan program ketrampilan sumber daya manusia bagi putra putri daerah asli Papua.

Upaya kebijakan Pemkab Biak Numfor malalui LLK UKM serta dukungan program dari Kementerian Tenaga Kerja pada tahun 2019, lanjut Enias Rumbewas, diharapkan dapat lebih banyak lagi secara kwantitas dan kualitas pelatihan.

"Dengan pemberian keterampilan dan pelatihan kejuruan bagi pencari kerja anak asli Papua diharapkan mampu siap pakai untuk memasuki dunia kerja,"harapnya.

Berdasarkan data Loka Latihan Kerja Usaha Kecil Menengah Biak pada tahun 2018 telah melatih sebanyak 200-an pencari kerja dengan berbagai program ketrampilan elektronik, pertukangan meubeler, ketrampilan kejuruan mobil dan motor, komputer serta menjahit. (Ant) 
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment