Peringati Hari Jadi TNI AL Ke-73, Lanal Timika Gelar Upacara

Bagikan Bagikan
Upacara HUT TNI ke-73 di Lapangan Apel Kantor Perwakilan Lanal Timika.(Foto-Salma)

SAPA (TIMIKA) - Memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Tentara Nasional Indonesia (TNI) Angkatan Laut (AL) ke-73 tahun 2018, Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) Timika menggelar upacara di Lapangan Apel Kantor Perwakilan Lanal Timika, Jalan Freeport Lama-Gorong-Gorong, Senin (10/9).

Peringatan tahun ini mengusung tema “Bersama Rakyat TNI-AL Siap Membangun Bangsa Guna Mewujudkan Kesejahteraan Melalui Laut”. Bertindak selaku Inspektur Upacara (Irup), Komandan Lanal (Danlanal) Timika, Letkol Laut (P) Yadi Mulyadi, SE. Sedangkan yang bertidnak sebagai Komandan Upacara, Dan Satma Lanal Timika, Lettu Laut (P) Achmad Zaini dan Perwira Upacara, Paur Opslat Lanal Timika, Letda Laut (P) Aji Pramono.

Kepala Staf TNI AL (Kasal) Laksamana TNI Siwi Sukma Adji dalam amanat tertulisnya yang dibacakan oleh Danlanal pada upacara HUT TNI-AL ke-73, mengatakan bahwa jajaran TNI-AL harus meneladani semangat juang pendiri angkatan laut yang diimplementasikan dalam semangat kerja.

Pasalnya, dalam kurun waktu 73 tahun, telah banyak pengorbanan jiwa dan raga dari para pejuang pendahulu untuk memperjuangkan dan mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) melalui laut.

“Oleh karena itu, sebagai generasi penerus sudah sepantasnya kita harus meneladani semangat patriotisme, keikhlasan dan pengorbanan para pejuang pendiri angkatan laut. Wujud pengabdian tersebut dapat di implementasikan melalui dedikasi, loyalitas dan kerja keras serta mencurahkan segenap kemampuan yang dimilikinya demi kejayaan angkatan laut,” ujarnya.

Sebagai Negara kepulauan terbesar di dunia, Indonesia memiliki petinju ekonomi yang sangat besar, serta sumber daya laut yang sangat melimpah. Namun belum dapat dimanfaatkan secara maksimal sebagai sumber kemajuan, kemakmuran dan kesejahteraan rakyat Indonesia.

“TNI AL bersama segenap komponen bangsa akan berusaha sekuat tenaga mengembalikan jati diri bangsa sebagai bangsa maritim yang berjaya di laut. Untuk mewujudkan hal tersebut, maka, TNI-AL harus terus berupaya meningkatkan kekuatan dan kemampuannya dengan melaksanakan pembangunan dan pembinaan secara terus menerus, sehingga mampu memberikan jaminan stabilitas keamanan maritim baik di wilayah perairan Yurisdiksi Nasional Indonesia maupun di kawasan, yang pada akhirnya meningkatkan kesejahteraan bangsa,” katanya.

Lanjut Danlanal, perkembangan lingkungan strategis yang sangat dinamis dewasa ini, memiliki implikasi yang cukup signifikan dalam penyelenggaraan pertahanan Negara.

“Dinamika yang perlu dicermati dalam kurun 5 tahun kedepan, diantaranya pertumbuhan ekonomi yang berimplikasi pada perkembangan kekuatan militer, khususnya di kawasan asia pasifik. Dinamika ini sangat mempengaruhi pola dan bentuk ancaman yang semakin kompleks dan multi dimensional, berupa ancaman militer, ancaman non militer dan hibrida, yang dapat di dikategorikan dalam bentuk ancaman nyata dan belum nyata. Oleh karena itu, menjadi TNI-AL yang profesional dan didukung alutsista moderen merupakan keniscayaan untuk menghadapi dinamika ancaman tersebut,” ujarnya.

Dalam amanat tersebut, Kasau juga memberikan pesan, diantaranya, pertama, pelihara dan tingkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan yang Maha Esa dalam kehidupan sehari-hari sebagai landasan pengabdian Bangsa dan Negara.

Kedua, tingkatkan terus kualitas diri sebagai prajurit TNI-AL yang profesional, pedomani Sapta Marga, Sumpah Prajurit, Delapan Wajib TNI dan Trisula TNI-AL dalam setiap pelaksanaan tugas.

Ketiga, laksanakan tugas dengan penuh tanggung jawab, disertai kerelaan berkorban dan integritas yang tinggi dalam setiap pengabdian kepada rakyat, Bangsa dan Negara.

Keempat, peliharaan alutsista yang dipercayakan Negara dengan baik, agar tetap dapat mendukung keberhasilan pelaksanaan tugas secara optimal dan utamakan prinsip Zero Accident serta terapkan Risk Management pada setiap pelaksanaan tugas.

Kelima, tingkatkan kewaspadaan antisipasi terhadap perkembangan lingkungan strategis yang selalu bergerak dinamis, agar kita dapat bertindak proaktif dalam mengantisipasi setiap permasalahan yang dapat merugikan kepentingan masyarakat, Bangsa dan Negara. (Salma)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment