PU Diminta Lanjutkan Proyek Air Bersih

Bagikan Bagikan
Hadi Wibowo.(Foto-Salma)
SAPA (TIMIKA) - Wakil Ketua Komisi C DPRD Mimika, Hadi Wiyono, meminta agar Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kabupaten Mimika tetap melanjutkan proyek air bersih untuk masyarakat di Mimika. Jika tidak, hal tersebut dinilai mubazir karena sudah membuang anggaran yang cukup besar.

“Tahun depan pemda harus lanjutkan proyek tersebut. Karena jika tidak dilanjutkan maka proyek tersebut menjadi mubazir, dan sampai kapan lagi masyarakat Mimika menikmati adanya air bersih,” ujat Hadi saat ditemui di Gedung DPRD Mimika, Jalan Cenderawasih, Selasa (4/9).

Hal ini lantaran sebelumnya proyek tersebut sudah berjalan dengan menghabiskan anggaran miliaran rupiah. Di mana, instalasi ke setiap rumah warga sudah terpasang. Oleh karena itu, PU harus melanjutkan dengan menganggarkan kembali proyek air bersih tersebut.

“Masyarakat sangat membutuhkan adanya air bersih. Kalau memang tidak serius, berarti instalasi yang sudah terpasang hanya buang-buang uang saja. Selain itu juga, ini untuk menghadapi perhelatan akbar yaitu PON 2020. Pemerintah perlu dana berapa saja, itu tidak masalah untuk dianggarkan, tetapi pemda harus serius gunakan anggaran tersebut untuk selesaikan itu,” katanya.

Menurut Hadi, PT Freeport Indonesia (PTFI) sebelumnya sudah menyampaikan bahwa siap untuk mendukung proyek tersebut. Sementara Pemkab Mimika sendiri dalam hal ini Dinas PU, kata Hadi, dianggap tidak serius lantaran hanya 500 sambungan yang baru terealisasi ke rumah warga.

“Freeport sudah siap, yang tidak serius itu pemda. Makanya saya minta pemda harus serius. Kemarin dianggarkan 1.000 sambungan, yang terealisasi 500 sambungan. Jika tidak dilanjutkan kan sayang. Bisa diusahakan lah, paling tidak tahun depan dianggarkan 1.000 sambungan agar masyarakat bisa menikmati, karena pihak Freepot juga sudah siap,” ujarnya. (Salma)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment