Wisata Mangrove di Mimika Mulai Dirancang

Bagikan Bagikan
Ilustrasi

SAPA (TIMIKA) - Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kabupaten Mimika mulai merancang pembangunan wisata Mangrove, di kawasan Pelabuhan Pendaratan Ikan (PPI) Poumako dengan luas lahan sekitar 10 hektar lebih.

Kepala Disporapar, Mohamad Toha saat ditemui di Kantor Disporapar, Senin (3/9) mengatakan  bahwa pembangunan yang akan dilakukan ialah jembatan penyebrangan sepanjang 150 meter dengan lebar masksimal 2 meter, ditambah tempat parkir dan kantor.

“Sekarang kami menunggu rancangan dari konsultan dan pembangunannya akan dilakukan tahun ini. Lahan itu memang khusus untuk wisata mangrove. Kami juga diskusikan bersama USAID Lestari, sehingga USAID lestari mengusulkan agar trekking atau jembatan ini dibangun dari bahan beton, tepi tetap bernuansa alami, karena jika menggunakan bahan kayu dinilai akan merusak alam,” kata Toha.

Menurut dia, rencana pengelolaan  wisata mangrove ini akan bekerja sama dengan lembaga-lembaga Gereja ataupun masyarkat setempat, karena hal tersebut merupakan salah satu syarat agar bisa memperdayakan masyarakat lokal.

Namun yang harus meminta dukungan dari Pusat melalui DAK untuk pembangunan menara, serta fasilitas lainnya dengan meminta bantuan ke PTFI.

“Kan di situ nanti butuk menara, toilet umum, kios-kios penjual souvenir lokal. Yang jelas banyak yang harus dipenuhi dan butuh kerja sama dengan berbagai pihak termasuk dari pusat,” jelasnya. (Acik)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment