Ada Percetakan Palsukan Dokumen, Berkas CPNS Perlu Diteliti

Bagikan Bagikan
Kepala Dinkes Mimika, Alfred Douw.(Foto-Acik)

SAPA (TIMIKA) - Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Mimika, Alfred Douw, mengklaim bahwa di Mimika terdapat usaha percetakan yang membantu untuk memalsukan dokumen, seperti misalnya ijazah, KTP serta dokumen lainnya. Karena itu, ia mengharapkan agar panitia penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di Badan Kepegawaian Daerah (BKD) perlu meneliti secara seksama semua berkas pendaftar CPNS.

Hal ini diungkapkan Alfred kepada wartawan setelah mendapatkan beberapa berkas terkait urusan kedinasan pada Dinkes Mimika yang diketahui telah di edit, yakni untuk merubah beberapa data pada ijazah dan KTP.

“Saya sudah temukan hal itu dan telah menegur beberapa percetakan di Mimika. Tempat foto copy itu mengedit ijazah dan memalsukan beberapa data didalamnya. Bukan hanya persoalan ijazah, tapi untuk dokumen lainnya juga bisa di edit di tempat foto copy itu. Apa lagi sekarang untuk tes CPNS. Makanya BKD harus teliti mengecek dokumen semua pendaftar,” ungkap Alfred saat ditemui di salah satu hotel dibilangan Jalan Yos Sudarso, Rabu (10/10).

Ia juga mengimbau, Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lainnya agar proaktif dalam memastikan keaslian setiap dokumen yang diterima. Karena pemasluan dokumen biasa dilakukan di tempat usaha percetakan.

“Karena ini kenyataan yang saya sendiri dapatkan. Saat ini juga kita tidak bisa menipu, dan tahu banyak orang-orang dari luar Mimika yang mengirim ijazah ke Mimika dan disini di scan dan diperbaiki, supaya saat mau tes CPNS baru datang ke Timika,” katanya. (Acik)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment