Freeport Panggil Kembali Pekerjanya Hingga 30 Kali

Bagikan Bagikan
Presiden Hubungan Industrial PT Freeport Indonesia, Demi Magai (tengah).(Foto-Istimewa) 

SAPA (TIMIKA)  –  Presiden Hubungan Industrial PT Freeport Indonesia, Demi Magai mengatakan PT Freeport Indonesia (PTFI) sejauh ini telah melakukan berbagai upaya agar karyawan yang melakukan aksi mogok bisa kembali bekerja sesuai dengan Undang-Undang dan Peraturan terkait dengan Ketenagakerjaan.

“PTFI telah melakukan berbagai upaya untuk mengajak ribuan pekerjanya kembali bekerja. Salah satu upaya yang dilakukan adalah memanggil hingga 30 kali kepada ribuan pekerja, termasuk menyurat satu per satu ke alamat pekerja di Timika,” kata Demi kepada Salam Papua, Jumat (26/10).

Demi menegaskan, selain memanggil lewat surat,  upaya pemanggilan juga dilakukan lewat iklan di media online, media elektronik dan media cetak untuk kembali bekerja, termasuk seruan melalui gereja dan masjid kepada pekerja yang sebelumnya melakukan mogok kerja.

Demi menjelaskan pada 14 April 2017, pekerja diberikan kesempatan agar kembali masuk kerja pertama dan kedua. Namun yang terjadi, sampai awal Mei 2017, tercatat 3.500-an pekerja langsung PTFI yang menghentikan pekerjaannya.

“Semua upaya yang kami lakukan tersebut hanya ditanggapi oleh pekerja selama tiga kali. Untuk keempat kalinya, justru pekerja melayangkan surat yang isinya tak ingin melakukan perundingan lagi melalui perusahaan,"  kata Demi.

Selanjutnya jelas Demi, manajemen Freeport melalui media massa juga memberikan penjelasan tentang konsekuensi jika tidak kembali bekerja, sebagaimana diatur dalam Undang-Undang Ketenagakerjaan dan yang telah disepakati bersama dengan serikat pekerja sebagaimana ketentuan PKB-PHI PTFI.

“Dalam proses berjalan, ada 286 pekerja memenuhi panggilan untuk bekerja kembali, selebihnya 3000-an pekerja memilih untuk tetap tidak bekerja,” ujar Demi.

Demi menegaskan, sesuai Undang-Undang Ketenagakerjaan dan PKB PHI, pekerja yang tidak kembali bekerja dianggap telah mengabaikan kewajiban kerja dan dengan demikian secara sukarela telah mengundurkan diri.

“Ada 1.200 pekerja dari 8000-an pekerja yang mogok, kemudian memilih pensiun dini dengan tetap mendapatkan haknya," kata Demi.

Demi juga mengatakan, dengan adanya kasus ini dan atas masukan dari pemerintah, manajemen PTFI melakukan kesepakatan bersama (KB21) pada 21 Desember 2017 bersama dengan pimpinan pusat SPKEP SPSI terkait pengunduran sukarela pekerja.

Dijelaskan, KB21 juga mengatur memberikan bantuan berupa tambahan pembayaran kepada eks pekerja hingga maksimum 4 1/2 kali upah bulanan, pelunasan sebagian atau seluruh sisa pinjaman dari perusahaan, serta kesempatan bagi eks pekerja untuk bekerja di perusahaan kontraktor di lingkungan PTFI, sesuai dengan ketentuan dan persyaratan.

Sebelumnya PTFI juga merumahkan ribuan pekerja (furlough) dengan tetap diberikan gaji dan tunjangan pokok selama dirumahkan. Furlough dilakukan PTFI untuk efesiensi keuangan perusahaan saat perusahaan tak mendapatkan ijin ekspor dari pemerintah. 

Manajemen PT Freeport Indonesia (PTFI) juga mempersilahkan pekerja yang telah mengundurkan diri secara sukarela, untuk menempuh jalur hukum lewat Pengadilan Hubungan Industrial (PHI). Saat ini, 3000-an pekerja masih menuntut haknya untuk dipekerjakan kembali. (Red/*)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

4 komentar:

  1. Bpk Demy Magay ...stop omong kosong, saya sendiri saja sampai sekarang tidak ada surat panggilan dari Manajemen. Bpk ngimong dengan bukti dan data atau cuma karena kepepet trus mulut bpk asal cerocos. ingat pak Mulutmu adalah harimaumu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ,,.,KISAH NYATA ,
      Aslamu alaikum wr wb..Allahu Akbar, Allahu akbar, Allahu akbar
      Bismillahirrahamaninrahim,,senang sekali saya bisa menulis dan berbagi kepada teman2 melalui room ini, sebelumnya dulu saya adalah seorang pengusaha dibidang property rumah tangga dan mencapai kesuksesan yang luar biasa, mobil rumah dan fasilitas lain sudah saya miliki, namun namanya cobaan saya sangat percaya kepada semua orang, hingga suaatu saat saya ditipu dengan teman saya sendiri dan membawa semua yng saya punya, akhirnya saya menaggung utang ke pelanggan saya totalnya 470 juta dan di bank totalnya 800 juta , saya stress dan hamper bunuh diri anak saya 2 orng masih sekolah di smp dan sma, istri saya pergi entah kemana dan meninggalkan saya dan anakanaknya ditengah tagihan utang yg menumpuk, demi makan sehari hari saya terpaksa jual nasi bungkus keliling dan kue, ditengah himpitan ekonomi seperti ini saya bertemu dengan seorang teman dan bercerita kepadanya, Alhamdulilah beliau memberikan saran kepada saya, dulu katanya dia juga seperti saya stelah bergabung dengan KI JAMBRONG hidupnya kembali sukses, awalnya saya ragu dan tidak percaya tapi selama satu minggu saya berpikir dan melihat langsung hasilnya, saya akhirnya bergabung dan menghubungi KI jambrong di No 0853-1712-1219. Semua petunjuk AKI saya ikuti dan hanya 3 hari Astagfirullahallazim, Alhamdulilah Demi AllAH dan anak saya, akhirnya 5M yang saya minta benar benar ada di tangan saya, semua utang saya lunas dan sisanya buat modal usaha, kini saya kembali sukses terimaksih KI JAMBRONG saya tidak akan melupakan jasa AKI. JIKA TEMAN TEMAN BERMINAT, YAKIN DAN PERCAYA INSYA ALLAH, SAYA SUDAH BUKTIKAN DEMI ALLAH SILAHKAN HUB AKI JAMBRONG DI 0853-1712-1219. (TANPA TUMBAL/AMAN).

      ANDA JUGA BISA BERKONSULTASI MASALAH LAIN SEPERTI : TOGEL,PELARIS,SANTET,TUYUL,PERCINTAAN/ASMARA ATAU MASALAH GAIB LAINNYA.
      INI TIDAK AKAN BERHASIL TANPA ADA KEPERCAYAAN DAN KEYAKINAN DALAM DIRI ANDA SENDIRI

      Catatan: satu kata sudah cukup untuk orang bijak dan terima kasih banyak atas bacaan kesaksian dan kabar baik saya
      Tuhan memberkati kalian semua!

      Delete
  2. Demi magai, ko punya pangkat ko dapat akan karena berpendidikan atau kerja ?
    Kalau karena dua duanya, seharusnya ko tidak terlihat goblok goblok dan goblok, ko pergi sekolah ulang supaya otak jangan goblok mcm binatang. Ko tidak ada urusan dengan pekerja lagi karena sekarang ko berhadapan dengan undang undang

    ReplyDelete
  3. Gobloknya Demi di jadikan bumber oleh Didik babi ..

    ReplyDelete