Kapolres Mimika : TNI Adalah Pasukan Terbaik Ketiga di Dunia

Bagikan Bagikan
Kapolres Mimika didampingi Danlanal dalam syukuran HUT TNI ke-73.(Foto-Salma)

SAPA (TIMIKA) – Kapolres Mimika AKBP Agung Marlianto mengungkapkan, TNI merupakan paskukan terbaik ketiga di dunia, dimana setiap negara memiliki pasukan khusus yang dibentuk serta dilatih untuk melaksanakan misi perang non-konvensional, anti-teroris, pengintaian, dan pertahanan luar negeri. Adapun untuk Indonesia terdapat tiga pasukan TNI yakni TNI AD, TNI AU dan TNI AL yang patut dibanggakan.

“Berdasarkan hasil survey, kita semua merasa bangga memiliki TNI yang memiliki urutan terbaik ketiga di dunia. Dunia ini bangga punya TNI, survey menyampaikan bahwa pasukan yang paling ditakuti seluruh dunia  ada sembilan dan salah satunya ada TNI,” ungkapnya dalam memberi sambutan syukuran peringatan HUT TNI ke- 73 di Makodim 1710/Mimika, Jalan Agimuga Mile 32, Jumat (5/10).

Kapolres menjelaskan, dalam satuan anti teror dimiliki oleh TNI dan bukanlah Amerika Serikat. Dimana TNI setiap angkatan memiliki satuan khusus antiteror. Misalnya TNI AD ada Satuan Penanggulangan Teror (Satgultor-81), TNI AU ada Detasemen Bravo (Denbravo) 90, dan di TNI AL ada Detasemen Jala Mangkara (Denjaka). 
Foto Bersama TNI-Polri usai Apel Gabungan Peringatan HUT TNI ke-73.(Foto-Salma)
“Satuan anti teror bukan punya Amerika tapi punya TNI,” ujarnya lelaki yang akrab sapa Agung.

Sekedar diketahui, Denjaka adalah datasemen khusus TNI Angkatan Laut (AL) yang personelnya gabungan dari pasukan elit terbaik Komando Pasukan Katak (Kopaska) dan Intai Amfibi Korps Marinir. Denjaka dipercaya sebagai salah satu pasukan elit terkuat di dunia. Kemampuan seorang personel Denjaka setara dengan 100 lebih TNI biasa. Tugas pokok Denjaka adalah menangani sabotase, teror dan juga klandestin, sebuah operasi intelijen rahasia. Walau fokus utamanya menangani teror aspek laut, Denjaka juga lihai beroperasi di udara dan juga daratan. Prajurit Denjaka juga sering diminta mengamankan presiden.

Selanjutnya, Satgultor-81merupakan prajurit-prajurit TNI AD terbaik dari Komando Pasukan Khusus (Kopassus). Jumlahnya tak dipublikasi, tapi diyakini mereka adalah pasukan silumannya Kopassus yang pergerakannya sangat mematikan dan punya kemampuan intelijen tinggi. Seleksinya sangat ketat, syarat IQ harus di atas rata-rata 110. Satgultor ahli dalam bertempur dalam kota, tapi juga bisa menyerang di bawah air, udara dan darat.

Sementara Denbravo-90 merupakan satuan pelaksanaan operasi khusus milik TNI Angkatan Udara (AU) yang personelnya terdiri dari prajurit-prajurit terbaik dari Komando Pasukan Khas (Kopaskhas).

Untuk menjadi prajurit Denbravo harus melewati pendidikan yang super keras. Seleksinya juga wajib ber IQ tinggi, di samping memiliki fisik dan mental kuat. Seperti halnya Denjaka dan Satgultor, latihan Denbravo juga menggunakan peluru tajam.

Denbravo Paskhas bertugas melaksanakan operasi intelijen, melumpuhkan alutsista atau instalasi musuh dalam mendukung operasi udara dan penindakan teror bajak udara serta operasi lain sesuai kebijakan Panglima TNI. (Salma)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment