Pemkab dan MD Event Organizer Galang Dana untuk Sulteng

Bagikan Bagikan
Aksi galang dana dilakukan dengan olahraga Zumba Akbar.

SAPA (TIMIKA) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mimika bersama MD Event Organizer melaksanakan penggalangan dana untuk membantu korban bencana gempa bumi dan tsunami yang terjadi di Palu, Sigi dan Donggala, Sulawesi Tengah (Sulteng).

Aksi penggalangan dana yang dilaksanakan ini, masih dalam memperingatan HUT Kabupaten Mimika yang ke 22 tepat pada 8 Oktober 2018. Kegiatan penggalangan dana ini melibatkan seluruh lapisan masyarakat di Mimika, disertai dengan olahraga bersama yakni senam massal “Zumba Akbar” di Lapangan Timika Indah, Minggu (14/10).

“Yang jelas selain bersama Pemkab Mimika, kegiatan ini juga kami libatkan pihak lain. Ada beberapa klub motor, komunitas anak muda, komunitas ibu-ibu zumba dan masyarakat umum lainnya,” kata Manager MD Event Orgnaizer, David Mokodompit yang ditemui di Lapangan Timika Indah.

Nantinya, jika penggalangan dana atau bantuan berhasil dikumpulkan, selanjutnya akan diserahkan ke Baznas Mimika untuk disalurkan ke wilayah bencana. Hal ini mengingat, Baznas telah ditunjuk secara nasional untuk mengumpulkan bantuan dari masyarakat untuk membantu korban bencana alam.

"Melalui kegiatan yang melibatkan seluruh masyarakat seperti ini, juga menyerukan Mimika Aman dan Damai. Karena Kapolres kita selalu menyerukan itu melalui media sosial ataupun melalui koran. Jadi, inilah salah satu cara untuk menyatuhkan kita di Mimika termasuk mengumpulkan dana ke Palu," terangnya.

Sementara itu, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Mimika, Ausilius You dalam pembukaan kegiatan ini, menjelaskan bahwa Pemkab Mimika sangat mengapresiasi semangat solidaritas kemanusiaan seluruh masyarakat Mimika. Dengan semangat itu, kata Sekda, dapat mendorong proses pembangunan di Mimika dan dapat bisa berjalan dengan baik di usianya yang ke 22 ini.

Sekda juga mengatakan, seluruh masyarakat wajib untuk terlibat aktif dalam setiap kegiatan yang bisa menyatukan perbedaan dan menumbuhkan semangat kebersamaan. Bahkan, pada kesempatan itu pun Sekda menyampaikan bahwa Bupati Mimika Eltinus Omaleng sangat berterimakasih atas semangat yang dimiliki seluruh masyarakat Mimika dalam membantu korban bencana alam di Sulawesi Tengah.

"Bupati kita meskipun tidak ada di Mimika, tapi beliau tahu betapa semangatnya warga Mimika mengumpulkan dana untuk membantu masyarakat di Palu. Mudah-mudahan kesadaran masyarakat akan kepedulian terhadap sesama bisa terus dikembangkan," kata Sekda.

Bupati Bantu Rp200 Juta untuk Korban Bencana
Selain itu, pada saat yang sama sekda juga menyampaikan bahwa Bupati Eltinus Omaleng juga menyumbang dana sebesar Rp200 juta untuk bencana di Sulawesi Tengah. Bantuan itu telah disalurkan bersamaan dengan bantuan yang terkumpul dari masing-masing organisasi perangkat daerah (OPD) dan masyarakat Mimika dengan total sekitar Rp1,5 miliar beserta 7 truk bantuan berupa logistik.

"Ada 12 orang yang terbentuk dalam satu tim khusus mewakili kita dari Pemkab Mimika untuk bawakan bantuan langsung ke Palu. Sebenarnya saya juga ikut, tapi karena saya masih di Jakarta maka terpaksa diwakili oleh tim saja," terang Sekda.

"Bupati titip pesan ucapan terimakasih kepada seluruh warga Mimika atas partisipasinya membantu warga di Palu. Menurut Bupati, penderitaan masyarakat Palu merupakan penderitaan kita bersama," imbuhnya. (Acik)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment