Pemkab Wondama Segera Lunasi Utang Pihak Ketiga

Bagikan Bagikan
Sekda Kabupaten Teluk Wondama Denny Simbar.(Foto-Papuabarat)

SAPA (WASIOR) - Pemerintah Kabupaten Teluk Wondama, Papua Barat, segera melunasi utang kepada pihak ketiga terkait dengan pelaksanaan kegiatan pada tahun anggaran 2017.

Sekretaris Daerah Kabupaten Teluk Wondama Denny Simbar di Wasior, Kamis (11/10), mengatakan bahwa pihaknya telah mengalokasikan anggaran sekitar Rp80 miliar pada APBD Perubahan TA 2018.

"Pada tahun ini juga seluruh kewajiban pemkab kepada pihak ketiga dituntaskan sehingga pada tahun depan APBD Teluk Wondama sudah sehat," kata Simbar.

Melalui dana Rp80 miliar ini, dia berharap bisa menuntaskan utang pemerintah daerah kepada rekanan pada tahun-tahun sebelumnya.

"Ini pengganggaran kembali untuk membayar kewajiban tahun lalu yang belum selesai dan ini murni utang sesuai dengan hasil putusan pengadilan," kata Sekda.

Dana untuk pelunasan tanggungan kepada pihak ketiga, kata dia, sebagian besar diperoleh dari langkah penghematan sejak awal tahun.

Selain mengurangi pagu anggaran dalam DPA 2018, katanya lagi, semua organisasi perangkat daerah pada tahun ini wajib menunda beberapa kegiatan yang belum terlalu mendesak.

"Mudah-mudahan pemkab bisa selesaikan semuanya karena dari awal tahun pemkab sudah lakukan penghematan. Penghematan ini sudah berapa tahap. Langkah ini untuk menyehatkan APBD," kata Denny.

Sekda mengakui bahwa pembahasan Rancangan Peraturan Daerah tentang Perubahan atas Perda APBD 2018 sudah melewati batas waktu sebagaimana ketentuan peraturan perundang-undangan.

Ia berharap pada tahun ini daerah tersebut tidak lagi mengalami defisit anggaran.

"Dari sisi waktu, mungkin agak terlambat. Lebih baik terlambat asalkan APBD-nya jadi sehat daripada cepat-cepat kemudian di akhir tahun banyak yang tidak terbayar," katanya.

Penyerahan materi Rancangan Perda tentang Perubahan atas Perda APBD 2018 ke DPRD dijadwalkan pada hari Jumat (5/10). Namun, ditunda karena pemkab berkabung atas meninggalnya mantan Bupati Alberth H. Torey. (Ant)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment