Perbasi Mimika Resmikan Lapangan Latihan Basket Jayanti

Bagikan Bagikan
Peresmian lapangan latihan Basket di Jayanti ditandai dengan pembukaan tirai papan nama. (Foto-Acik)

SAPA (TIMIKA) - Pengurus Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (Perbasi) Kabupaten Mimika meresmikan lapangan latihan bola basket di Jayanti, pada Sabtu (13/10). Lapangan ini akan dipakai sebagai tempat latihan bagi calon atlet basket di Mimika menjelang pelaksanaan PON ke XX tahun 2020 mendatang.

Kegiatan persemian ini dihadiri oleh seluruh pengurus Perbasi, KONI, calon atlet basket, Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporapar), Mohamad Toha serta guru olahraga beberapa sekolah se-Kabupaten Mimika.

“PON tahun 2020, Mimika akan menjadi tuan rumah pertandingan basket. Jadi kalau kita berfikir, kapan lagi PON itu akan digelar di Mimika. Karena itu kita harus bersyukur dan memanfaatkan momen ini. Ini merupakan hasil kerja keras Gubernur Papua agar PON diselenggarakan di Papua dengan jaminan adanya Mimika sport center,” kata Ketua Harian KONI Mimika, Cessar Alfian Tunya dalam sambutan peresmian lapangan latihan basket di Jayanti.

Cessar mengatakan, PT Freeport Indonesia membangun Mimika Sport Center (MSC) yang didalamnya terdapat salah satu venue, yakni lapangan bola basket. Akan tetapi, lapangan tersebut hanya dapat dipakai saat ada event besar nasional ataupun tingkat provinsi. Karena itu, agar olahraga basket di Mimika tidak hanya antusias saat pelaksanaan PON 2020 saja, maka dibangunlah lapangan latihan khusus.

Perbasi Mimika telah dibentuk dan disahkan oleh pengurus provinsi pada Februari 2018. Dengan begitu, kelak setelah pelaksanaan PON maka basket di Mimika akan terus berkembang. Salah satunya, Perbasi Mimika membentuk tim profesional yang bisa berlaga di liga basket Indonesia.

“Memang untuk saat ini, lapangan ini kita resmikan. Tapi beberapa waktu ke depan masih harus dibangun lagi pagarnya sehingga tidak dipakai untuk aktifitas lainnya,” ujarnya.

Dengan diresmikan lapangan latihan basket ini, jumlah lapangan basket di Mimika menjadi tujuh, termasuk yang ada di beberapa sekolah. Karena itu diharapkan agar atlet Mimika bisa menggaet juara pada perhelatan PON nanti.

Sementara Kepala Disporapar Mimika, Mohammad Toha, mengatakan bahwa dengan dipercayakannya Mimika sebagai tuan rumah PON 2020, sangat dibutuhkan sinergitas dalam berbagai hal. Oleh karena itu Toha memberikan apresiasi atas kemandirian Perbasi Mimika dalam membangun lapangan latihan basket ini.

Menurutnya, tahun 2020 bukanlah merupakan waktu yang lama, sehingga dibutuhkan keseriusan dalam mempersiapkan semua hal yang akan disediakan selaku tuan rumah. Para calon atlet basket Mimika juga diharapkan serius dalam menjalankan latihan. Hal itu agar bisa bertanding semaksimal mungkin saat PON 2020. Sebagai tuan rumah, tim basket Mimika diharapkan bisa mengimbangi angka dari setiap tim lawan, serta optimis bisa menjadi pemenang.

“Saya sangat berterima kasih kepada Perbasi Mimika yang berusaha sendiri dalam membangun lapangan latihan ini tanpa harus mengharapkan dana dari Pemkab Mimika, mengingat keterbatasan dana yang dimiliki Pemkab. Dengan adanya lapangan ini, diharapkan para atlet dan tim lainnya di Mimika bisa selalu fokus berlatih,” kata Toha.

Peresemian lapangan latihan basket ini dirangkaikan dengan pemberian bantuan berupa bola basket kepada beberapa tim binaan sekolah dan tim komunitas remaja di Mimika. (Acik)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment