Perkembangan Kominfo Mimika Dianggap Baik

Bagikan Bagikan

Kabid Aplikasi Informatika Diskominfo Provinsi Papua,
Totok Asbi Irianto. (Foto-Acik)
SAPA (TIMIKA) -  Kapada Bidang Aplikasi Informatika pada Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Provinsi Papua,Totok Asbi Irianto, mengaku, meski Diskominfo Mimika merupakan organisasi perangkat daerah (OPD) yang belum lama terbentuk, dilihat dari perkembangan perkerjaan yang dilakukan, progresnya dianggap baik.

Hal ini dikatakan Totok usai melakukan presentasi khusus dalam sesi diskusi pada pelaksanaan kegiatan monitoring evaluasi tata kelola e-government di Diskominfo Mimika, Jumat (5/10).

“Kita tahu, Kominfo ini merupakan OPD yang baru terbentuk setelah dilebur dari Dishubkominfo, tapi berdasarkan diskusi yang kita lakukan, menunjukkan bahwa Kominfo Mimika telah selangkah lebih maju,” kata Totok.

Namun, menurut Totok, Diskominfo Mimika harus terus memperbaiki beberapa hal berdasarkan bidang-bidang yang ada didalamnya, karena, bidang e-government mempunyai tanggung jawab penting terhadap pengembangan aplikasi, jaringan komunikasi, dan integrasi sistim.

Selain itu, bidang informasi publik memiliki tanggung jawab sebagai layanan informasi ke masyarakat yang dibangun dari setiap OPD di Pemkab Mimika. Sedangkan bidang persandian sangat penting dan memiliki kesamaan dengan bidang e-government, yaitu persandian wajib menjamin keamanan informasi di luar sistim, dalam hal ini layanan sistim aplikasi.

Selain hal-hal diatas, ada juga bidang statistik yang bertanggung jawab memperoleh data dari setiap OPD dan menyajikannya secara manual ataupun melalui sistim dan website. Sebab, data-data itu akan dipakai sebagai layanan pembangunan di Mimika.

“Memang harus ada pembenahan-pembenahan beberapa hal penting berdasarkan bidang-bidangnya seperti yang disebutkan diatas,” ujar Totok.

Terkait kegiatan monitoring evaluasi tata kelola e-government, menurut Totok, sangat penting dilakukan mengingat fungsi utama Kominfo ialah wajib mengkoordinasikan setiap program ataupun tata kelola bersama Kominfo di daerah dan kota, termasuk Mimika. Artinya yang dilakukan oleh Kominfo Provinsi, bisa juga dilakukan oleh Kominfo Mimika. (Acik)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment