Waanal Coffee and Resto Gelar Seminar dan Kompetisi ‘Waanal Brewers Cup 1’

Bagikan Bagikan
Proses peracikan kopi di Waanal Coffee dan Resto.(Foto-Acik)

SAPA (TIMIKA) –Waanal Coffee dan Resto yang terletak di Jalan Poros SP3, Distrik Kuala Kencana akan menggelar Seminar dan Kompetisi khusus Barista Coffee yang ada di Mimika pada November 2018 mendatang. Kompitisi ini dinamakan ‘Waanal Brewers Cup 1’.

Supervisor Waanal Coffee dan Resto, Muhammad Ichsan Nugroho  kepada Salam Papua mengatakan, kompotisi  yang akan digelar tanggal 3 November pukul 14:00-17:00 WIT ini dilakukan agar barista di Mimika lebih muncul dan dikenal masyarakat.

Selain itu, agar barista juga mengetahui bahwa profesinya bisa dibuatkan menjadi kompetisi khusus seperti yang terjadi di negara luar. Selebihnya, kompetisi ini sebagai ajang untuk saling sharing dan pengalaman meracik kopi diantara barista-barista.

“Kami telah menyebarkan informasi terkait seminar dan kompetisi ini kepada seluruh barista di Mimika melalui akun Facebook, Instagram, dan WhatsApp. Yang sudah mengisi formulir ada dari Rumah Kreatif BUMN (RKB), Mels Coffe, Black Coffe dan beberapa kedai kopi lainnya di Mimika. Tapi di Mimika juga masih banyak barista lainnya dan harus kita undang,” ungkap Ichsan, Senin (8/10).

Ichsan menjelaskan, sebelum kompetisi dilaksanakan, tanggal 2 November sekira pukul 18:30 – 20:00 WIT, Waanal Coffee dan Resto juga akan memberikan kesempatan kepada para barista dan masyarakat umum untuk mengikuti seminar dengan tujuan agar bisa belajar dan memahami cara meracik kopi.

Ichsan mengatakan, materi seminar akan dibawakan oleh Dody Samsura sekaligus sebagai juri pada kompetisi ‘Waanal Brewers Cup 1’. Dalam seminar ini, semua barista dan masyarakat umum akan diperkenalkan tentang proses pengolahan biji kopi, menggiling menjadi tepung hingga proses meracik dan penyajiannya.

“Dody Samsura itu merupakan barista yang pernah mengikuti kejuaraan-kejuaraan di Indonesia dan beberapa negara di luar negeri.  Kita tahu  kopi itu banyak rasanya, tapi ketika meminum kopi  jangan pernah  menilai bahwa  kopi tersebut enak atau tidak enak kalau belum mengetahui bagaimana biji kopiitu diolah dan diracik menjadi minuman yang memiliki kenikmatan,” katanya.

Selanjutnya menurut dia, peserta seminar akan mendapatkan bingkisan kopi biji. Sedangkan untuk peserta pada kompetisi ‘Waanal Brewers Cup 1’ akan dinilai dan diberikan hadiah diantaranya uang tunai Rp 1,5 juta untuk juara 1, juara 2 mendapat Rp 750 ribu dan juara 3 sebesar Rp 500 ribu.

“Untuk masyarakat umum yang bukan barista juga bisa mengikuti kompetisi, karena mereka juga memiliki administrasi tersendiri. Memang kita batasi pesertanya untuk ikut kompetisi sampai 25 orang saja, tapi siapapun yang cepat mendaftar berhak ikut kompetisi,” tuturnya. (Acik) 
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment