70 CPNS Pemkab Mimika Formasi Khusus Ikut Diklat Prajabatan

Bagikan Bagikan
Kepala BKD Kab.Mimika, Paskalis Kirwelakubun.(Foto-Dok-Sapa)

SAPA (TIMIKA) - Sebanyak 70 Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) formasi khusus lingkup Pemerintahan Kabupaten (Pemkab) akan mengikuti Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Prajabatan yang diselenggarakan di Kantor Badan Kepegawaian dan Diklat Daerah (BKDD).

Puluhan CPNS ini merupakan Bidan kategori Pegawai Tidak Tetap (PTT) sebanyak 65 orang dan Pegawai Satu Stand yang bertugas di Bagian Keuangan dan Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda) sebanyak 5 orang.

Kepala BKDD Mimika, Paskalis Kirwelak mengatakan, Diklat Prajabatan ini akan diselenggarakan selama enam hari sebagai persyaratan mutlak untuk memperoleh SK PNS.

Diklat Prajabatan  diisi pemberian materi tentang manajemen ASN, wawasan kebangsaan, bela Negara, anti korupsi dan tanggung jawab abdi Negara yang telah diatur dalam Undang-undang ASN.

"Tanggal 12 November akan ada Diklat Prajabatan untuk PNS formasa khusus untuk CPNS yang lulusan formasi khusus dari Kementerian. Pematerinya dari BKDD Provinsi Papua dan ada juga yang dari BKDD Mimika. Diharapkan 70 orang ini bisa ikut, karena ini merupakan kepentingan mereka sendiri,” ungkap Paskalis saat ditemui di Kantor Pusat Pemerintahan (Puspem) Mimika, Senin (5/11). 

Ia menjelaskan, sejak lama telah diusulkan untuk membangun gedung khusus pelaksanaan diklat di Pemkab Mimika. Tapi karena minimnya anggaran keuangan sehingga sampai saat ini belum  terealisasi.

Pembangunan gedung khusus Diklat ini akan diusulkan untuk dialokasikan pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) tahun anggaran 2019. Pembangunan gedung khusus Diklat sangat penting mengingat Kabupaten Mimika merupakan daerah penyangga bagi kabupaten lain.

“Pembangunan juga bukan hanya gedung semata, tapi harus dilengkapi dengan sarana dan prasarana karena gedung itu juga akan dipakai sebagai penginapan bagi peserta diklat. Kalau kita bangun lengkap, maka bisa juga dijadikan sebagai sumber pemasukan untuk daerah kita. Mudah-mudahan bisa terealisasi di tahun 2019,” katanya. (Acik)   
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment