APK Pemilu 2019 Tiba di KPU Mimika

Bagikan Bagikan
Staf KPU Mimika memeriksa APK yang tiba di Kantor KPU Kabupaten Mimika. (Foto-Salma)
*Tim Kerja Prabowo Tak Serahkan SK dan Design APK

SAPA (TIMIKA) – Alat Peraga Kampanye (APK) pada Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2019 berupa baliho dan spanduk, pada Kamis (29/11) telah tiba di Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Mimika, Jalan Yos Sudarso yang dikirim dari Makassar.

“Jadi hari ini kita sudah menerima APK dari percetakan yang ada di Makassar, CV Adi Print dalam bentuk baliho dan spanduk,” ujar Ronny, staff KPU Mimika, Kamis (29/11).

Ia mengatakan, APK yang sudah ada di Kantor KPU tersebut, nantinya akan diserahkan kepada peserta Pemilu 2019 yang terdiri dari 16 partai politik (Parpol) pada pemilihan legislatif (Pileg) dan tim kampanye pasangan calon (Paslon) pada pemilihan presiden (Pilpres).

Di mana, APK yang difasilitasi oleh KPU Kabupaten, untuk jumlah baliho sebanyak 10 lembar dengan ukuran masing-masing 3x5 meter, juga spanduk sebanyak 16 lembar dengan ukuran 1x5 meter.

“Jadi total ada 24 karung (yang sudah datang) dengan total 47 koli. Untuk spanduk masing-masing itu jumlahnya 1 koli, sementara untuk baliho masing-masing ada 2 koli,” ujarnya.

Kendati demikian, Ronny mengungkapkan bahwa untuk APK pilpres sendiri, KPU Mimika hanya menerima design dari satu paslon saja, yakni Jokowi-Ma’aruf Amin. Sehingga pihaknya tidak menyediakan APK untuk paslon Prabowo-Sandiaga Uno.

“Jadi sesuai petunjuk SK. Jadi kami mengerjakan apa yang sudah ada, karena berhubung sudah deadline. Untuk pasangan Prabowo itu tidak ada, karena SK tim kerja dan design tidak di kasih ke KPU. Sehingga hanya satu paslon saja yang KPU fasilitasi APK-nya,” ungkapnya.

Sesuai dengan SK KPU Kabupaten Mimika Nomor 36/HK.03.1Kpts/9109/KPU-Kab/X/2018 tentang penetapan titik lokasi pemasangan APK dalam rangka Pemilu 2019 pada 18 distrik di Kabupaten Mimika yang terdiri dari 19 kelurahan dan 133 Kampung, peserta pemilu harus memperhatikan daerah mana saja yang boleh di pasang dan tidak boleh di pasang APK.

“Sudah diperbolehkan di pasang, tapi harus memperhatikan aturan yang ada,” imbuhnya. (Salma)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment