Banyak OPD Pemkab Mimika "Cuek" Buat SPJ Dana TU Rp 40 M

Bagikan Bagikan
pelaksanaan apel pagi di halaman Pemkab.(Foto-Acik)

SAPA (TIMIKA) –  Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Mimika, Ausilius You mengatakan banyak Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di  lingkup Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mimika yang cuek membuat Surat Pertanggungjawaban (SPJ) penggunaan dana Tambahan Uang (TU) dengan total Rp 40 miliar lebih. Karena itu Sekda merasa bingung harus mendesak pimpinan-pimpinan OPD tersebut dengan cara apa lagi.

 “Saya tidak tahu mau sampaikan dengan cara apa lagi, karena SPJ TU ini sudah diingatkan berulang-ulang kali. Saya juga tidak tahu sesulit apa mekanisme pembuatan SPJ TU ini sehingga masih banyak OPD yang belum menyerahkan ke bagian keuangan,” kata Sekda saat memimpin apel pagi di halaman Kantor Pusat Pemerintahan (Puspem) Mimika, Senin (5/11).

Menurut Sekda You, selain SPJ penggunaan TU, masih ada beberapa OPD yang sama sekali belum membuatkan laporan penggunaan Uang Persediaan (UP).

Sekda juga merasa heran, karena ada OPD yang beralasan masih mencari bukti fisik dalam mempertanggungjawabkan dana-dana tersebut. Padahal, OPD-OPD tersebut tidak harus mencari bukti fisik, karena OPD-OPD ini yang mengeluarkan atau menggunakan dana.

“Kalau sudah ada yang bingung cari bukti fisik seperti ini, masksudnya apa? Kalau sudah menggunakan dana-dana ini, seharusnya bukti fisiknya ada dan harus tahu diri untuk mempertanggungjawabkannya,” jelasnya.

Hal yang sama juga disampaikan oleh Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Mimika, Marthen Tappi Mallisa. Ia mengaku, SPJ TU telah ditagih secara berulang, tapi tidak direspon oleh masing-masing OPD.

Padahal menurut Marthen, setiap OPD seharusnya bereaksi cepat ketika dimintai pertanggungjawaban. Sebab, jika tidak menbuatkan SPJ, seakan-akan TU tersebut masih berada di Kas Daerah (Kasda). Apabila telah dipertanggungjawabkan, maka akan diposting ke dalam Kasda agar ditampilkan dana tersebut telah dikeluarkan.

Berdasarkan syaratnya, satu bulan setelah dicairkan, harus segera buatkan SPJ dana TU, jika tidak terpakai, maka dikembalikan ke kasda.

Dijelaskan, pencairan TU akan dilakukan secara berkesinambungan jika SPJ cepat dibuat oleh setiap OPD. Namun, jika SPJ tahap pertama tidak segera dibuat, maka  tidak bisa terima dana TU tahap berikutnya.

“Itu sudah terlalu sering diingatkan. Padahal laporan itu tidak ada susahnya. Contohnya kalau dipakai untuk perjalanan dinas, maka pulang langsung di SPJ-kan supaya cepat dibuatkan laporan nihilnya dan dilihat sudah dipertanggungjawabkan. Tapi sampai saat ini sudah ada yang sampai tiga dan empat bulan dipakai, tapi tidak ada SPJ ke keuangan,” tuturnya. (Acik
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

1 komentar:

  1. Ayo Kakak Semuanya,
    Yuk iseng bermain game untuk mendapatkan uang tambahan setiap harinya Hanya di HobiQQ.
    Modal Kecil Dapat Puluhan Juta ^^
    Bareng aku dan teman-temanku yang cantik-cantik loh !
    Info Situs HobiQQ :
    BBM : DD09567B
    WA : +6281262400720
    LINE : hobi-qq
    Facebook : Lina Tan


    Kunjungi Juga :
    Agen Bandarq
    Agen Bandarq Online
    Agen Dominoqq
    Agen Domino99
    Agen Poker Terbaik
    Situs Bandarq Online
    Judi Online Terbesar
    Artikel Unik dan Menarik
    Hobi Baca Artikel
    Artikel Menarik
    Cerita Dewasa Terlengkap

    ReplyDelete