Bupati Mimika Diminta Adil Soal Pencabutan Rekomendasi IJS

Bagikan Bagikan
Kuasa Hukum PT IJS, Dr. Anthonius Diance SH, MH.,(Foto-Ant)
Sub : Soal Pencabutan Rekomendasi IJS

SAPA (TIMIKA) – Manajemen PT. Irian Jaya Sehat (IJS) melalui kuasa hukumnya, Anthonius Diance SH, meminta Bupati Mimika Eltinus Omaleng agar adil soal pencabutan rekomendasi penjualan minuman beralkohol terhadap IJS  yang merupakan salah satu distributor minuman beralkohol.

Seharusnya surat rekomendasi yang dimiliki PT. IJS sama  dengan surat rekomendasi yang dimiliki distributor lainnya. Sehingga perlu adanya persamaan hukum.

“Kalau memang konsisten mau tertibkan, jangan hanya satu yang dicabut kemudian yang lain tidak. Kecuali kalau ada hal-hal tertentu yang fatal dilanggar, mungkin bisa. Tapi kalau dilihat dari kondisi yang ada saat ini, tidak ada pelanggaran. Terbukti IJS selalu memenuhi kewajiban membayar retribusi. Mereka bahkan sudah membayar sampai Oktober tahun ini,” kata Anthonius di Waena, Jayapura, Rabu (7/11).

“Perlu adanya persamaan hukum sehingga tidak ada perbedaan perlakuan terhadap distributor minuman beralkohol pemegang izin resmi seperti PT. IJS,” tambahnya.

Untuk mencari keadilan tersebut, PT. IJS melalui Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Jayapura melakukan gugatan kepada Bupati Mimika guna menguji sah tidaknya tindakan pencabutan rekomendasi penjualan minuman beralkohol PT. IJS oleh Bupati Mimika Eltinus Omaleng.

“Tindakan administrasi yang dilakukan Bupati ini merugikan, maka PT IJS memohon kepada PTUN untuk diuji, apakah tindakan itu sudah betul atau bagaimana. Kami mohon juga Bupati Mimika dapat mempertimbangkan ini kembali," ujarnya.

Gugatan tersebut telah melalui sidang perdana dengan agenda pemeriksaan persiapan pada Rabu (7/11), dan akan dilanjutkan dengan agenda yang sama pada Rabu (14/11) pekan depan.

Sekedar diketahui, sebelumnya Bupati Mimika Eltinus Omaleng mencabut rekomendasi penjualan minuman beralkohol golongan A, B dan C melalui surat Nomor 510/545 tertanggal 31 Juli 2018 perihal Pencabutan Rekomendasi Nomor: 510 / 1028 tanggal 2 Oktober 2017 tentang Pemberian Persetujuan Kepada Distributor atau "stockist" pemasok minuman beralkohol golongan A, B dan C ke wilayah Kabupaten Mimika.

Surat itu ditujukan kepada Alfisyah Likadinata, Direktur Irian Jaya Sehat yang beralamat di Jalan Nenas No. 19 Kelurahan Timika Jaya, Timika, Papua dan dilanjutkan dengan penyegelan pintu gudang dan 3 pintu kios dingin milik IJS pada 21 Agustus 2018 di Timika. (Salma)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment