Bupati Perintahkan Cabut Izin Galian C di Kali Wanagon-SP 5

Bagikan Bagikan
Kepala Dinas Satuan Polisi Pamong Praja Mimika, Willem Naa .(Foto-Dok-Sapa)

SAPA (TIMIKA) - Bupati Kabupaten Mimika, Eltinus Omaleng memerintahkan Dinas Satuan Polisi Pamong Praja (Dispol PP) untuk mencabut izin pengoperaian dua pengusaha yang melakukan pengerukan di Kali Wanagon, Kelurahan Wanagon, Jalan Poros  SP 2 – SP 5. Perintah Bupati itu merujuk pada surat perintah dari Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Provinsi Papua Nomor 141/OP.Batuan/DPMPTSP/2018. 

Terkait hal ini, Kepala Dispol PP Kabupaten Mimika, Willem Naa mengatakan telah melakukan pertemuan bersama pengusaha pengeruk pasir terkait, dan telah menyepakati agar mulai tanggal 2 Desember 2018 mereka berhenti melakukan pengoperasian di wilayah yang dimaksudkan.

“Begitu terima surat perintah dari bupati, kami sudah lakukan pertemuan bersama pengusaha itu. Mereka semua bersepakat, hari Minggu ini akan berhenti melakukan pengerukan di Wanagon. Berarti selanjutnya di wilayah itu menjadi bebas pengerukan,” kata Wilem yang ditemui di Gedung DPRD Mimika, Jalan Cenderawasih, Rabu (28/11).

Ia mengatakan, selama ini pada wilayah tersebut terdapat dua pengusaha yang mengantongi izin resmi dan menggunakan alat berat untuk mengeruk material pasir. Karena itu, pada 2 Desember nanti pengusaha itu juga bersepakat untuk menarik seluruh alat berat, truk dan pekerja yang selama ini menjalankan aktivitas di Kali Wanagon. Namun berdasarkan kesepakatan yang dibuat, jika hingga tanggal 2 Desember mereka tetap melaksanakan aktivitas maka Dispol PP yang akan bertindak secara paksa.

“ini merupakan perintah pencabutan izin dari provinsi dan diteruskan oleh bupati kita, makanya harus dilaksanakan. Untuk dalam wilayah kota hanya dua pengusaha itu saja yang melakukan operasional di Wanagon, yang lainnya fokus di Kali Iwaka karena memang itu tempat yang ditetapkan pemerintah,” katanya. (Acik)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment