KAPP Dorong Pengusaha Papua Produksi Suvenir PON

Bagikan Bagikan
Ketua Umum KAPP Pusat, Merry C. Yoweni .(Foto-Ant)

SAPA (JAYAPURA) - Kamar Adat Pengusaha Papua (KAPP) mendorong pengusaha asli Bumi Cenderawasih untuk memproduksi kerajinan cenderamata dan suvenir yang mendukung penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX pada 2020.

Ketua Umum KAPP Pusat, Merry C Yoweni di Jayapura, Jumat (2/11) mengatakan, selain turut menyukseskan penyelenggaraan PON, produksi kerajinan cenderamata dan suvenir ini juga dapat meningkatkan perekonomian para pengusaha lokal.

"Sebab kami KAPP sejak mulai didirikan dan dibentuk sangat konsen untuk mengangkat pengusaha asli menjadi tuan di negerinya sendiri," katanya.

Menurut Merry, dengan langkah ini maka KAPP akan mendukung program Gubernur Papua dalam menyukseskan PON XX di Bumi Cenderawasih melalui bidang yang ditekuni oleh para pengusaha tersebut.

"Jadi nantinya, selain dapat mempromosikan keunikan Papua melalui kerajinan tangan, cenderamata dan suvenir, PON juga dapat mengembangkan perekonomian para pengusaha asli Bumi Cenderawasih," ujarnya.

Dia menjelaskan misalnya saja di bawah naungan KAPP, ada asosiasi pembuat noken sehingga hal ini bisa dikembangkan lebih luas lagi untuk meningkatkan perekonomian mama-mama yang merajutnya.

Sebelumnya, Pemerintah Provinsi Papua melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan setempat tengah menyiapkan produksi plakat kulit kayu sebagai suvenir atau cenderamata dalam menyongsong PON XX/2020 di Bumi Cenderawasih.

Kepala Disperindag Provinsi Papua, Max Olua mengatakan sesuai dengan arahan gubernur untuk mengangkat ikon-ikon Bumi Cenderawasih maka pihaknya memprogramkan keunikan, keunggulan dan potensi lokal seperti noken serta plakat kulit kayu. (Ant)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment