Kemenkumham Tambah Personil ke Lapas Timika

Bagikan Bagikan
Kepala Kanwil Kemenkumham Papua, Iwan Santoso. (Foto-Salma)

SAPA (TIMIKA) –  Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Hukum dan Hak Azazi Manusia (Kemenkumham) Provinsi Papua, Iwan Santoso memastikan akan ada penambahan personil ke Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II Timika untuk lebih menguatkan lagi keamanan.

“Kami juga sudah berkoordinasi dengan Polda Papua dan Polres Mimika, jadi ada bantuan pengamanan di Lapas Timika saat ini. Kita tahu bahwa seluruh Lapas yang ada di Papua ini over kapasitas,” ujarnya ketika ditemui wartawan di Kantor Imigrasi Kelas II TPI Timika, Selasa (27/11).

Ia mengatakan, kurangya personil lapas ini juga menjadi salah satu faktor para narapidana atau warga binaan melarikan diri.  Sampai saat ini delapan narapidana  yang melarikan diri belum ditemukan.

Dijelaskan, saat ini, Lapas di seluruh Provinsi Papua hampir mencapai 2500 napi atau warga binaan, sementara kapasitas lapas sendiri hanya sekitar 1700.

“Over kapasitas ini disebabkan Lembaga permasyarakatan perempuan (LPP) dan Lembaga pemasyarakatan khusus anak (LPKA)   hingga saat ini belum memiliki bangunan. Dimana LPKA masih numpang di Lapas Abepura dan LPP numpang di Lapas Doyo,” ujarnya.

Selain itu, kaburnya narapidana ini, dikatakan Iwan, lantaran kondisi bangunan Lapas yang memprihatinkan.

“Kita juga sudah memohon Pemda Mimika untuk membantu. Karena penanganan di Lapas, tidak bisa kami tangani sendiri, harus bersinergi dengan lain. Tahun ini kita juga ada penerimaan pegawai, semoga bisa membantu di Lapas dan Rutan. Disamping overkapasitas, kondisi bangunan juga kurang baik,” katanya. (Salma)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment