Pemkab Mimika Segera Undang Kemenhub, Bahas Kerusakan Dermaga Poumako

Bagikan Bagikan
Plt Dishub Mimika Yan Slamet Purba.(Foto-Dok-Sapa)

SAPA (TIMIKA) – Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Mimika, akan mengundang Kementerian Perhubungan (Kemenhub) untuk membahas kerusakan Dermaga Pelabuhan Poumako. Dimana terjadi penurunan sisi dermaga secara terus menerus, sehingga dikhawatirkan beresiko tinggi terhadap keselamatan warga.  

“Senin nanti (26/11) kami akan membahas dan mencari solusi terkait kerusakan fasilitas dermaga Pelabuhan Poumako,” ujar Plt. Kepala Dishub Kabupaten Mimika, Yan Slamet Purba ketika dikonfirmasi Salam Papua melalui pesan singkat WhatsApp, Rabu (21/11).

Dia menjelaskan, selama enam tahun terakhir Kemenhub tidak lagi mengucurkan anggaran,  untuk pembangunan dan perbaikan fasilitas di Pelabuhan Nusantara Poumako. Hal ini karena masih adanya sengketa lahan di kawasan pelabuhan tersebut.

“Karena tidak ada kejelasan status lahan Pelabuhan Poumako,  maka sampai sekarang tidak pernah ada lagi anggaran dari Kemenhub yang turun di UPP Kelas III Poumako untuk perbaikan dermaga, terminal penumpang dan fasilitas yang lain. Jadi, seakan-akan UPP Kelas III Poumako itu selama ini dianaktirikan,” ujarnya.

Ia berharap kehadiran jajaran Direktorat Jenderal (Dirjen) Perhubungan Laut Kemenhub di Timika, nantinya dapat menemukan solusi untuk penataan dan pengembangan kawasan Pelabuhan Poumako yang sangat vital bagi kelangsungan perekonomian di Kabupaten Mimika dan kabupaten pedalaman lainnya di Papua.

“Apalagi Timika akan menjadi salah satu kota penyelenggara PON XX pada 2020,” singkatnya. (Salma)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment