PLN WP2B Tanam 1.000 Pohon Produktif

Bagikan Bagikan
Penanaman pohon oleh Senior Manajer SDM dan UMUM PLN WP2B Lukas Tarigan.(Foto-Antara)

SAPA (JAYAPURA) - Manajemen PT PLN (Persero) Wilayah Papua dan Papua Barat (WP2B) menanam 1.000 batang pohon produktif di Kampung Harapan, Kabupaten Jayapura, Provinsi Papua, dalam rangka peringatan Hari Menanam Pohon Nasional, Rabu (28/11).

"Ini adalah Hari Menanam Pohon Nasional, kita sadar PLN merupakan perusahaan jasa yang bergrak di bidang kelistrikan tetapi kita tetap peduli terhadap lingkungan di sekitar," ujar Senior Manajer SDM dan UMUM PLN WP2B Lukas Tarigan, di Jayapura.

Ia menjelaskan bahwa upaya melestarikan sumber daya alam menjadi salah satu kepentingan PLN karena untuk menghasilkan energi terbarukan, seperti Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) Orya, diperlukan kelestarian lingkungan yang berkesinambungan.

Tanaman yang ditanam adalah jenis tanaman produktif seperti pohon mangga, matoa, rambutan dan lainnya. Ini dipilih karena buah tersebut nantinya bisa meningkatan nutrisi masyarakat.

"Total keseluruhan bantuan sekitar Rp145 juta. Selain untuk pembelian bibit, juga ada biaya perawatan Rp15 juta, ini diberikan agar ketika nanti ada tanaman yang mati dapart diganti," kata dia.

Terkait dengan pemilihan Kampung Harapan, Lukas menjelaskan lokasi tersebut dipilih karena wilayahnya strategis dan akan ada Stadion utama penyelenggaraan PON 2020.

"Harapannya para tamu yang datang saat PON bisa merasakan dampak dari penanaman pohon ini," kata dia.

Sementara Kepala Bidang Pengendali Dampak Lingkungan Badan Pengelola Lingkungan Hidup Provinsi Papua Frans B. Linthin, menyampaikan pemilihan Kampung Harapan karena daerah tersebut memiliki potensi lebih karena akan menjadi salah satu tempat utama penyelenggaraan PON 2020.

Oleh karena itu, ia berpesan kepada penduduk setempat untuk merawat pohon yang telah ditanam, terutama PLN juga memberikan biaya perawatan. (Ant)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment