PON Picu Percepatan Pembangunan Papua

Bagikan Bagikan
Stadion Papua Bangkit untuk penyelenggaraan PON.(Foto-Istimewa)

SAPA (TIMIKA) - Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Provinsi Papua, Muhammad Musa’ad  mengatakan, pelaksnaan PON di Papua akan memicu percepatan pembangunan di Papua termasuk Mimika. Karena itu seluruh masyarakat Mimika harus mendukung apa yang sedang dilakukan Pemerintah menjelang pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) ke XX tahun 2020 mendatang.

Muhammad menjelaskan, pelaksanaan PON bukan hanya pegelaran olahraga biasa. PON juga menjadi pemicu untuk pengembangan ekonomi dan percepatan pembangunan.  Dengan dilaksanakan PON di Papua, maka sarana dan prasarana olahraga di Papua akan cukup memadai. Rumah susun (rusun) yang akan dipakai oleh atlit, selanjutnya bisa dipakai untuk kampus, kepolisian ataupun dimanfaatkan secara berkelanjutan . Selain itu, akan ada peningkatan di bidang infrastruktur, pengembangan ekonomi kreatif serta setiap pembangunan venue PON nantinya akan dijadikan obyek wisata.

“Bank Indonesia (BI) sudah mengatakan bahwa kalau dipersiapkan dengan baik, maka penyelenggaraan PON bisa meningkatkan perekonomian di Papua. Jadi harus dimanfaatkan baik-baik, makanya masyarakat di Mimika harus ikut mendukung, dalam artian harus menjaga keamanan bersama-sama supaya pembangunan tidak terkendala,” jelasnya saat ditemui di Hotel Horizon, Jumat (2/11).

Selain disampaikan oleh BI, menurut dia hal ini juga disampaikan oleh beberapa Mentri RI, dimana kelancaran pelaksanaan PON juga melibatkan beberapa kementerian baik PU, Kesehatan, Pemuda dan Olahraga dan juga beberapa kementerian lainnya.

Menurut dia, dengan menjadi tuan rumah, saat ini telah dibangun stadiun sepak bola terbesar ke II di Indonesia yang terletak di Kampung Harapan, Kota Jayapura. Pembangunan stadion sepak bola, saat ini sedang dalam proses penyelesaian.

Ia menjelaskan, sebelum menjadi tuan rumah PON di tahun 2020, tahun 2019 mendatang Provinsi Papua juga menjadi tuan rumah pelaksanaan Pekan Olahraga Pelajar Nasional (Popnas) sekaligus untuk ujicoba venue.

“Makanya doa dari seluruh masyarakat Papua menjadi penting,” jelasnya. (Acik
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment