Serap APBD, Pembangunan Fisik Didesak Tambah Tenaga dan Alat

Bagikan Bagikan
Kepala Bappeda Kabupaten Mimika, Simon Mote.(Foto-Dok-Sapa)

SAPA (TIMIKA) – Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah  (Bappeda) Kabupaten Mimika, Simon Mote, meminta kepada seluruh organisasi perangkat daerah (OPD) agar pembangunan fisik yang sementara dilakukan menambah tenaga, peralatan juga waktu untuk mempercepat capaian penyerapan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) tahun 2018.

Hal ini disampaikan mengingat Bupati Mimika, Eltinus Omaleng telah mengeluarkan surat sebagai langkah-langkah menghadapi akhir tahun anggaran. Di mana, semua pembangunan akan diberhentikan sebelum tanggal 15 Desember. Jika belum diselesaikan sebelum tanggal tersebut, tidak ada toleransi bagi pihak ketiga untuk meninggalkan utang. Artian, jika kemajuan pembangunan fisik hanya mencapai 70 persen hingga tanggal 15 Desember, maka akan dibayar sesuai dengan kemajuan pembangunannya.

“Kami harapkan supaya disetiap pembangunan fisik itu harus ada penambahan waktu, tenaga dan alat. Kalau  memang waktu, tenaga dan alat kurang, maka harus ditambah supaya sampai tanggal 15 Desember itu tidak ada masalah lagi,” ungkap Simon saat ditemui usai menghadiri Rapat Paripurna di Gedung DPRD Mimika, Jalan Cenderawasih, Rabu (28/11).

Namun, Simon juga mengaku optimis bahwa pelaksanaan program kegiatan fisik dan non fisik yang bersumber dari APBD 2018 termasuk yang ditambahkan dalam APBD Perubahan bisa diselesaikan tepat waktu sebelum tanggal 15 Desember.

“Sampai saat ini pelaksanaan dilapangan itu bervariasi. Ada yang 50, 60, 70 dan ada yang telah mencapai 100 persen. Tapi kami optimis semuanya akan selesai tepat waktu sebelum tanggal 15 Desember,” ujarnya. 

Hal ini dibenarkan Bupati Eltinus Omaleng. Ia mengaku meski hingga kini belum ada evaluasi khusus terkait dengan capaian penyerapan APBD 2018, tetapi dirinya telah memberikan batas waktu hingga 15 Desember terkait dengan pelaksanaan pembangunan fisik dan non fisik setiap OPD.

 “Saya sudah instruksikan ke semua OPD supaya semua kegiatan itu di percepat. Beberapa hari lalu kami sudah lakukan pertemuan supaya penyerapan APBD tahun ini bisa didorong lebih cepat sebelum tanggal 15 Desember,” tutur Bupati. (Acik)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment