Untuk Raih Adipura, Pemkab Mimika Tata Pasar Sentral

Bagikan Bagikan
Bangunan Pasar Sentral yang disiapkan Pemkab Mimika.(Foto-Salma)

SAPA (TIMIKA) – Untuk mendapatkan Piagam Adipura sebagai salah satu syarat menjadi tuan rumah Pekan Olahraga Nasional (PON) XX tahun 2020 mendatang, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mimika melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) menggencot pengelolaan dan penataan Pasar Sentral. Dimana, saat ini Pemkab Mimika meminta para pedagang untuk menempati dua bangunan pasar yang sudah dibangun.

“Salah satu faktor penilaian untuk mendapatkan Adipura adalah pengelolaan dan penataan pasar. Karenanya, sekarang ini kami serius untuk melakukan penataan. Jadi kami beri waktu kepada para pedagang untuk menempati bangunan yang sudah disiapkan paling lambat hari Minggu (11/11) nanti,” ujar Kepala Disperindag Kabupaten Mimika, Bernadinus Songbes dalam sosialisasi dengan para pedagang sayur, buah dan bumbu dapur sehubungan adanya rencana relokasi lapak jualan pedagang di Pasar Sentral, Jalan Hasanuddin – Irigasi, Selasa (6/11).

Sosialisasi yang juga dihadiri anggota DPRD Mimika, Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Perhubungan, Dinas Satpol-PP serta Wakapolsek Mimika Baru itu, mendapat sambutan positif  daripara pedagang.

“Kami ingin pasar ini sebagai pusat perekonomian di Mimika. Bangunan pasar ini adalah program Nawacita Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang menargetkan pembangunan 5000 pasar. Dan Mimika mendapatkan dua bangunan yang sekarang ini sudah berdiri,” ujarnya.

Lelaki yang akrab disapa Songbes itu mengatakan, lantaran program itu dari pusat, maka desain bangunan bukan dari pemerintah daerah.

“Saat saya berkunjung ke Pasar Langgur, Tual, Maluku Tenggara, bangunan dan luasnya sama. Tetapi mereka bersyukur dan masuk ke dalam. Untuk itu, saya harap para pedagang di sini bisa menerima dan mengisi apa yang sudah dibangun,” imbuhnya.

“Jika sampai Minggu (11/11) belum masuk, maka dengan terpaksa Senin (12/11) kami lakukan tindakan tegas dengan melibatkan 200 personil Satpol PP yang didukung TNI-Polri. Karenanya minta dukungan para pedagang, agar pasar ini bisa ditata dengan baik,” ujarnya.

Sekedar diketahui, penataan akan dilakukan secara bertahap, yakni dimulai dari bagian belakang, tengah, dan depan. Dimana untuk bagian belakang pihaknya akan menertibkan para pedagang dipinggir-pinggir untuk masuk ke dalam pasar, yang sudah dibangun dengan menggunakan dana APBN atau dari pusat. (Salma)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment