BNNK Mimika Sampaikan Kinerja Selama 1 Tahun

Bagikan Bagikan
Kepala BNNK Mimika, Kompol Mursaling, SH.(Foto-Istimewa)

SAPA (TIMIKA) - Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Mimika menyampikaan kinerjanya dalam satu tahun, mulai dari Januari hingga awal Desember 2018. Diantaranya, BNNK Mimika telah melakukan pengambilan sampel urine (Air seni) sebanyak 996  orang di Kabupaten Mimika, dan dari ratusan sampel tersebut ditemukan satu orang positif terkontaminasi narkotika dengan jenis ganja.

Kepala BNNK Mimika, Kompol Mursaling ketika di hubungi Salam Papua mengaku, 996 orang yang diambil sampel urinenya terdiri dari komponen masyarakat sebanyak 229 orang, lingkungan pendidikan sebanyak 60 orang, instansi pemerintah sebanyak 90 orang, pekerja dan pengunjung tempat hiburan malam (THM) sebanyak 168 orang, penghuni Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) sebanyak 235 orang dan anggota TNI-Polri sebanyak 214 orang.

“Kami sudah lakukan pemeriksaan urine, dari sebanyak itu dan ada satu yang positif. Yang positif narkoba  itu merupakan aparatur di salah satu kelurahan di Mimika, tapi itu bukan ASN. Dan itu hasil pemeriksaan yang sudah lama dan terlalu sering diberitakan oleh rekan-rekan media di Mimika,” ungkap Kompol Mursaling, Senin (3/12).

Ia mengatakan, setelah diketahui positif berdasarkan hasil pemeriksaan, maka yang bersangkutan kemudian dilakukan rehabilitasi.

Selain melakukan pemeriksaan urine, BNN juga telah memberikan sosialisasi terhadap 12.249 orang di Mimika, diantaranya 5.121  orang dari lingkungan pendidikan, 410 orang dari instansi pemerintahan, 48 orang dari pekerja, 6.603 orang masyarakat biasa dan 57 orang yang merupakan pekerja di THM.

Selanjutnya, kasus yang ditangani selama tahun 2018 terdapat 9 perkara, diantaranya 7 kasus narkotika jenis sabu-sabu dan 2 kasus jenis ganja. Sedangkan yang telah di rehabilitasi ada sebanyak 18 orang dari hasil tangkapan sebanyak 13 orang, yang berhasil dijangkau sebanyak 3 orang, dan berdasarkan laporan sebanyak 2 orang.

Sayangnya, dari data yang disampaikan ke muka publik ini, tidak disampaikan data pembanding terkait capaian yang sudah dilakukan pada tahun 2017 dengan tahun 2018 ini.  (Acik)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment