Jadikan Hari Libur Menjadi Bermakna

Bagikan Bagikan
Tajuk Salam Paua

HARI libur panjang dan cuti bersama memperingati Hari Natal 25 Desember 2018 dan menyambut datangnya Tahun Baru 2019 akan dimulai hari ini, Selasa 18 Desember 2019 sampai 4 Januari 2019. Khusus Pemprov Papua, libur panjang dan cuti bersama tahun ini direvisi menjadi mulai dari 22 Desember 2018 sampai 7 Januari 2019. 

Artinya ada 16 hari libur dan cuti bersama. Waktu yang cukup lama untuk meninggal aktivitas rutin tiap hari. Waktu libur dan cuti bersama ini akan menjadi bermakna atau tidak tentu sangat ditentukan oleh diisi dengan kegiatan macam apa?

Bagi umat Nasrani, sebagian waktu libur ini tentu akan diisi dengan berbagai kegiatan terkait Natal. Momentum kelahiran Kristus ini tentu sangat dinanti-nantikan setiap tahun. Apa lagi bisa kembali berkumpul bersama keluarga, terlebih orangtua di kampung halaman yang mungkin satu tahun atau beberapa tahun terakhir tidak tinggal bersama karena alasan tertentu.

Berikut ini lima aktivitas yang bisa dilakukan agar membuat hari libur panjang tahun ini menjadi bermakna.  (1). Mengerjakan Apa Yang Menjadi Hobi Kamu Sepuasnya! Waktu liburan adalah waktu bagi kita untuk melakukan hobi kita sepuasnya tanpa takut adanya tekanan dari kantor ataupun sekolah, mulai dari membaca, Jalan-jalan , main bola dan lain-lain.

Jika ada yang hobi adventure bisa melakukan pendakian gunung bareng teman-teman. Atau bagi kamu yang memiliki hobi menulis, namun selalu terhalang dengan kesibukan kantor, maka hari libur bisa menjadi pelampiasan hobi menulis kamu tanpa terganggu oleh apapun.Dengan memuaskan hasrat hobi kamu bakal membuat kamu menjadi lebih semangat memulai kerja ketika liburan telah usai.

(2). Menjadi Relawan Kemanusiaan, Kenapa Tidak?  Jika biasa ya kamu mengisi hari libur dengan kegiatan pribadi kamu saja, mengapa kamu tidak mencoba untuk menjadi relawan sosial ataupun kemanusiaan ketika liburan?

Menjadi relawan adalah hal yang sangat mulia. Kamu mempersembahkan ilmu dan tenaga kamu untuk orang yang membutuhkan. Menjadi relawan juga mempertemukan kamu dengan orang-orang yang baik karena mereka telah rela mengorbankan waktu liburan untuk memberi manfaat kepada orang lain.

Dengan menjadi relawan kamu akan banyak mendapatkan banyak hal positif, diantaranya adalah rasa bahagia. Karena dengan membantu orang lain akan meningkatkan perasaan bahagia dalam diri kita, dan kamu bakal menyadari bahwa banyak hal di dunia ini yang tidak bisa didapatkan bahkan dengan uang sekalipun.

(3). Mengunjungi Keluarga Dan Sahabat. Kesibukan ditempat Kerja kadang membuat kita sulit bertemu dengan keluarga dan teman-teman kita, Kalaupun bisa bertemu itupun hanya sebentar saja, sehingga kamu tidak bisa bercengkrama dengan mereka lebih lama. Apalagi bagi kamu yang sudah berkeluarga, Family time itu sangat penting demi keharmonisan rumah tangga, sehingga hari libur di tempat kerja ataupn kuliah bisa dimanfaatkan dengan baik.

Ketika liburan adalah kesempatan yang  bagus bagi kamu jika ingin mengunjungi keluarga atau bertemu teman-teman sejawat yang sudah lama tidak bertemu di kampung. Suasana Asri dan tenang di kampung juga membuat kamu menjadi lebih rileks setelah tinggal lama di kota yang begitu rebut dan sesak. Setelah puas mengunjungi keluarga dan teman teman dikampung, pikiran dan badan kamu akan menjadi fresh lagi dan kamu akan lebih bersemangat ketika kamu memasuki hari kerja.

(4). Merencanakan Masa Depan.  Bekerja keras memang bagus, namun jika bekerja membuat kamu lupa untuk merancang masa depan kamu, maka hal itu sangatlah tidak disarankan. Masa depan memang perlu direncanakan, supaya kamu memiliki tujuan dan target pencapaian yang jelas yang akan kamu capai didalam hidupmu.

Waktu libur bisa juga kamu manfaatkan dengan merenungi dan merancang masa depan dan target-target besar kamu di tahun-tahun selanjutnya, karena hidup ini terlalu berharga jika hanya dihabiskan untuk bekerja saja. Jika kamu sudah menikah, hal ini akan menjadi sangat bagus merancang masa depan keluarga ketika liburan

(5). Ibadah Dan Perbanyak Intropeksi Diri. Ini yang paling penting . Ketika liburan kita memiliki waktu yang sangat banyak untuk beribadah kepada Allah dan mendekatkan diri kepada Nya
.
Dengan beribadah dan Intropeksi diri ketika libur, akan membuat kamu menyadari bahwa hal penting di dalam hidup ini sebenarnya Ibadah dan hal ini akan membuat jiwa dan mental kamu menjadi kuat ketika kamu menghadapi masalah dan tekanan yang ada di kantor ataupun kuliah. (*/YOL)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment