KPU Provinsi Papua Laporkan Timsel Wilayah I ke KPU RI

Bagikan Bagikan
Korwil KPU Kabupaten Mimika, Zufri Abubakar.(Foto-Salma)

SAPA (TIMIKA) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Papua selaku KPU Kabupaten Mimika melaporkan Tim Seleksi (Timsel) calon Komisioner KPU wilayah I Papua yakni Kabupaten Boven Digoel, Deiyai, Yahukimo dan Kabupaten Mimika ke KPU RI.

Hal tersebut diungkapkan Komisioner KPU Papua, Zufri Abubakar ketika ditemui wartawan di salah satu hotel, Jalan Yos Sudarso, Selasa (18/12).

Zufri mengatakan, Timsel Wilayah I Papua dinilai tidak transparan terhadap proses seleksi yang dilakukan sehingga pihaknya menerima sejumlah protes dari pihak calon yang tidak lulus dalam seleksi calon komisioner KPU tersebut.

“Banyak yang laporkan, bahkan demo ke KPU Provinsi Papua. Saya juga kecewa, yang jelas kami sudah laporkan ke KPU RI apalagi saya selaku Korwil KPU Kabupaten Mimika. Kalau Timsel terlalu banyak kepentingan, maka yang rugi kita semua bangsa dan negara,” ujarnya.

“Kedepan, Komisioner KPU yang baru, tolong diawasi untuk bangsa dan negara. Keputusan Timsel sudah final, hanya secara pribadi kami yang urus ke KPU RI. Kalau mereka memang kerja jujur, no problem,” ujarnya.

Ia mengatakan, sesuai aturan yang ada seharusnya pihak Timsel selalu melakukan koordinasi bersama KPU Provinsi selaku penyelenggara untuk menciptakan pemimpin-pemimpin  yang jujur dan berintegritas di daerah.

“Harus koordinasi. Karena kita mau menciptakan pemimpin yang berintgeritas di daerah. Kalau kerjanya tidak beres, kita proses hukum,” kata Zufri.

Kendati demikian, ia meminta kepada semua masyarakat untuk bersama-sama melakukan pengawasan terhadap kinerja KPU Mimika terpilih nantinya.

“Apabila nantinya Komisioner terpilih tidak bisa bekerja secara profesionel, jujur dan adil maka mereka nanti akan jadi beban moril di tanah Papua. Jika salah angkat ke media massa, jangan takut, saya yang bertanggung jawab nanti jika memang mereka salah. Ini demi kepentingan bangsa dan negara,” ujarnya. (Salma)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment