Pemasangan APK Pemilu 2019 Sudah Diperbolehkan

Bagikan Bagikan
Ilustrasi-Pemasangan APK Pemilu sudah "sah" diperbolehkan sesuai aturan KPU.(Foto-Istimewa)

SAPA (TIMIKA) – Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Papua selaku KPU Kabupaten Mimika, Theodorus Kossay mengatakan, Alat Peraga Kampanye (APK) yang disediakan KPU untuk peserta Pemilu 2019 sudah dibagikan dan pemasangannya diperbolehkan sesuai dengan aturan.

“Sosialiasi pemasangan APK sudah kita lakukan sejak bulan September lalu. Kepada para peserta Pemilu tidak perlu takut untuk memasangnya karena ini juga sudah tahapan kampanye. Asal, pemasangan itu memenuhi aturan KPU dan memilikin ijin dari Pemda (Pemerintah Daerah – red) Mimika,” ujarnya ketika dihubungi Salam Papua melalui sambungan telepon, Senin (17/12).

Menurutnya, apabila sosialisasi tersebut dinilai masih diperlukan, maka pihaknya siap menggelar kembali. Hal tersebut guna meningkatkan pemahaman sehingga tidak terjadi pelanggaran.

“Ada Bawaslu (Badan Pengawas Pemilu – red) yang mengawasi dan memberi sanksi jika ada yang langgar maka akan ditertibkan APKnya.  Jika masih ada keraguan, para peserta bisa mengunduh aturan di website KPU terkait aturan pemasangan,” ujar lelaki yang akrab disapa Theo itu.

Sekedar diketahui, berdasarkan PKPU Nomor 28 tahun 2018 tentang kampanye Pemiluhan umum, KPU hanya memfasilitasi pengadaan APK berupa baliho, spanduk dan umbul-umbul . Dimana, untuk jumlah baliho sebanyak 10 lembar dengan ukuran masing-masing 3x5 mter, spanduk sebanyak 16 lembar  dengan ukuran 1x5 meter.

APK tersebut, kemudian dipasang sesuai dengan SK KPU Kabupaten Mimika Nomor 36/HK.01.Kpts/9109/KPU-Kab/X/2018 tentang penetapan titik lokasi pemasangan APK dalam rangka Pemilu 2019 pada 18 Distrik di Kabupaten Mimika yang terdiri dari 19 Kelurahan dan 133 Kampung. (Salma)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment