Warga Sarmi Deklarasi Long March Santa Claus

Bagikan Bagikan
Ratusan warga hadiri deklarasi longmars santa claus.(Foto-Antara)

SAPA (JAYAPURA) - Sekitar lima ratus warga Kabupaten Sarmi, Papua pada Sabtu (1/12) pagi, menggelar Deklarasi Long March Santa Claus guna menyambut Natal, 25 Desember 2018.

Deklarasi itu diinisiasi oleh Dandim 1712/Sarmi Letkol Arm Hendra Pasireron yang dihadiri Wakil Bupati Sarmi Yosina Insyaf, Kapolres Sarmi AKBP Paul Izak, Ketua Dewan Adat Kabupaten Sarmi Baoak, dan Wakil Ketua I DPRD Sarmi Robi Pampang.

Dandim Sarmi Hendra mengemukakan kegiatan itu dilakukan karena usulan dan saran masyarakat setempat guna menyambut Natal 2018 dan Tahun Baru 2019.

Dalam kegiatan itu juga ditandatangani deklarasi pesan damai oleh Muspida Sarmi yang berisi ajakan menyatukan perbedaan dengan kasih.

"Ini kegiatan positif warga, karena semua pihak bersepakat dan mendukung damai di Sarmi. Seluruh masyarakat juga bersepakat untuk menjaga keamanan yang sudah terwujud dengan baik di Sarmi," katanya ketika dihubungi dari Kota Jayapura.

Keamanan, kata dia, harus dijaga oleh semua pihak karena menjadi tanggung jawab bersama aparat TNI/Polri dan masyarakat "Jika stabilitas keamanan, ketertiban kabupaten ini terjamin maka masyarakat pun dapat melaksanakan kegiatan sehari-hari dengan baik. Generasi muda Sarmi dapat bersekolah dengan baik dan masyarakat dapat mencari nafkah dengan tenang dan aman, maka oleh karena itu Sarmi akan lebih sejahtera lagi dan ini bisa dijadikan kegiatan tahunan sebagaimana saran yang disampaikan," kata dia.

Ketua Persit KCK Cabang XXXI Kodim Sarmi Nyonya Djanne Pollah Pesireron menyambut positif kegiatan itu.

"Semoga kekompakan warga Sarmi dapat terus terjalin sehingga dapat mempersatukan perbedaan dengan kasih dan bukan hanya semboyan saja," katanya sambil membagikan topi Santa Claus kepada peserta kegiatan yang dibuka Wakil Bupati Sarmi Yosina Insyaf. Ratusan warga yang umumnya mengenakan topi Santa Claus hadir dari berbagai kampung dan distrik di Kabupaten Sarmi memenuhi ruas jalan ibu kota Sarmi guna mengikuti deklarasi dan long march itu.

Mereka terlihat cerita dan bersama-sama menyanyikan lagu-lagu rohani diiringi tabuhan gendang dan tiupan seruling. (Ant) 
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment