Awal Tahun PN Timika Siap Selesaikan Semua Perkara 2018

Bagikan Bagikan
Kepala PN Kota Timika, Relly D. Behuku. (Foto-Jefri Manehat)

SAPA (TIMIKA) -  Kepala Pengadilan Negeri (PN) Kota Timika, Relly D. Behuku mengatakan, dari 200 perkara yang ditangani PN Timika selama tahun 2018, kini masih tersisa 45 perkara yang belum disidangkan. Direncanakan 45 perkara tersebut akan diselesaikan awal tahun 2019 antara bulan Januari hingga Februari.

45 perkara yang akan diselesaikan awal tahun ini (Januari hingga Februari), sudah sesuai dengan data yang ada pada sistem di PN Timika. Agar pada bulan Maret pihaknya sudah bisa masuk pada sidang perkara yang ada di tahun 2019.

Menurut Relly, hal ini juga terjadi pada tahun 2017, dimana semua perkara berhasil diselesaikan (Disidangkan) pada awal tahun 2018.

Dari sekian banyak perkara yang ditangani, kata Relly, lebih banyak perkara kasus pencabulan terhadap anak dibawah umur, disusul kasus pencurian, kasus pembunuhan dan kasus perjudian.

“Untuk semua kasus yang terselesaikan, semua putusan sesuai putusan hakim, tidak ada putusan secara kekeluargaan,” kata Relly.

Untuk pelaku atau tersangka kasus pencabulan terhadap anak, Relly mengatakan pelaku bisa saja keluarga dekat dan bisa saja tidak dari keluarga dekat. Ia mengambil contoh perkara pencabulan anak yang dilakukan oleh oknum tukang ojek. Di mana, oknum tukang ojek tersebut mengelabui korban dengan menjemput korbannya dan beralasan bahwa disuruh orang tua korban, ternyata tidak demikian.

Sehingga, Relly mengharapkan adanya kerjasama dengan semua pihak untuk dapat memperhatikan anak-anak. Karena, kata Relly, pelaku atau kejahatan bisa ada karena adanya kesempatan. (Jefri Manehat)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment