Bank Sampah Biak Terapkan R3

Bagikan Bagikan
Pengelola bank sampah Biak, Selamet Haryono.(Foto-Antara)

SAPA (BIAK) - Bank Sampah induk di Kabupaten Biak Numfor, Papua menerapkan metode Reuse Reduce Recycle (R3) dalam pengelolaan limbah rumah tangga menjadi bernilai ekonomis.

"Metode R3 mengelola limbah sampah rumah tangga sangat menguntungkan dan memperoleh pendapatan," kata pengelola bank sampah Biak, Selamet Haryono, Rabu (9/1).

Ia menyatakan, dengan sistem R3 mengelola sampah terdiri Reduce (Mengurangi sampah dengan mengurangi pemakaian barang atau benda yang tidak terlalu kita butuhkan) Sedangkan sistem Reuse, lanjutnya, adalah memakai dan memanfaatkan kembali barang-barang yang sudah tidak terpakai menjadi sesuatu yang baru.

Serta Recycle adalah mendaur ulang kembali barang lama menjadi barang baru seperti membuat limbah sampah menjadi pupuk organik.

Menyinggung omset pendapatan operasional bank sampah induk Pasar Darfuar, Distrik Samofa dari mengelola sampah rumah tangga dapat mencapai seratusan juta/bulan.

"Kunci sukses dalam mengelola sampah lewat operasional bank sampah jangan malu dan mau bekerja keras, jujur serta peduli dengan kondisi lingkungan,"ujar Selamet.

Ia mengakui, sistem kerja bank sampah induk Darfuar menerima setoran nasabah sampah dari warga di berbagai lokasi kampung dan kelurahan di Kabupaten Biak Numfor.

Selamet mengatakan, keberadaan bank sampah Darfuar Biak untuk di Papua masuk dalam kategori terbaik karena mampu menjadi mitra pemerintah dalam mengelola sampah menjadi bernilai ekonomis.

"Bahkan bank sampah Darfuar juga mampu memproduksi pupuk organik serta menjadi tempat edukasi pengelolaan lingkungan,"katanya.

Berdasarkan data seratusan nasabah bank sampah individu setiap hari membawa limbah sampah yang bisa diuangkan misalnya kardus, botol mineral,plastik dan beragam jenis sampah lainnya.

Berdasarkan data keberadaan bank sampah induk Darfuar Kabupaten Biak Numfor telah berkontribusi nyata dalam memanfaatkan sampah menjadi bernilai ekonomis yang dibina Dinas Lingkungan Hidup (DLH). (Ant)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment