Bupati Minta TNI dan Polri Antisipasi KKSB Di Mimika

Bagikan Bagikan
Bupati Mimika Eltinus Omaleng.(Foto-Antara)

SAPA (TIMIKA) - Bupati Mimika Eltinus Omaleng meminta jajaran TNI dan Polri untuk mengantisipasi gangguan keamanan yang dilakukan oleh Kelompok Kriminal Separatis Bersenjata (KKSB) di wilayah Kabupaten Mimika, Provinsi Papua.

Eltinus Omaleng di Timika, Kamis (10/1) mengatakan, tidak menutup kemungkinan KKSB bisa bergerak di wilayah Mimika terutama di Distrik Tembagapura yang masuk melalui Ugimba.

"Dari Nduga pindah ke Sinak, bisa masuk ke Ugimba dan Tembagapura. Saya minta tolong TNI dan Polri untuk jaga sama-sama. Kami tidak mau terjadi lagi di daerah kita," kata Bupati ketika menggelar rapat bersama pimpinan OPD, TNI dan Polri di Timika.

Menurut Eltinus, salah satu sasaran KKSB adalah PT Freeport sebagaimana yang telah terjadi beberapa tahun terakhir dengan adanya penembakan, penyanderaan sampai pada pembakaran rumah sakit, sekolah termasuk rumah warga di Kampung Banti, tidak jauh dari Tembagapura.

Bupati juga mengajak semua pihak termasuk masyarakat untuk sama-sama menjaga keamanan sebagai tanggung jawab bersama, bukan terbatas pada TNI dan Polri saja.

Menanggapi hal itu, Kapolres Mimika AKBP Agung Marlianto atas nama pimpinan TNI dan Polri di Mimika menyatakan siap menjaga keamanan termasuk mengantisipasi gangguan KKSB di wilayah Kabupaten Mimika.

Namun Kapolres juga berpesan kepada Bupati Eltinus agar dapat memberikan perhatian terutama upaya pemerintah daerah dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat di wilayah pegunungan seperti di Distrik Tembagapura.

"Kami minta juga agar pemerintah daerah bisa memperhatikan kesejahteraan masyarakat di sana, misalnya terkait pendidikan, kesehatan dan lain-lain sebab jika tidak, mereka rentan untuk dihasut atau mudah untuk diajak bergabung dengan KKSB," ujarnya. (Antara)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment