Kabupaten Sisi Selatan Dominasi Aktivitas di Pelabuhan Rakyat Poumako

Bagikan Bagikan
Sejumlah kapal yang menjadi jasa transportasi laut sandar di pelabuhan rakyat Poumako. (Foto-Salma)

SAPA (TIMIKA) – Plt Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Mimika, Yan S. Purba mengatakan sampai dengan saat ini pelabuhan rakyat Poumako melayani aktivitas bongkar muat barang jasa transportasi kapal yang diperuntukan untuk pelayanan antar kabupaten sisi selatan Papua, seperti Yahukimo dan Keppi.

“Semua beroperasi di pelabuhan rakyat ini. Contoh, bongkar muat barang Yahukimo, Kenyam, Asmat, itu dari sini.  Ini membuktikan bahwa Timika adalah tempat strategis ekonomi sisi selatan,” kata Purba ketika ditemui usai penyerahan longboat di pelabuhan rakyat Poumako, Distrik Mimika Timur, Kamis (17/1).

Bahkan, kata dia, pengusaha jasa transportasi yang ada juga memberikan retribusi yang tentunya menambah Pendapatan Asli Daerah (PAD) Mimika.

“Tiap bulan saya terima laporan lalu lintas barang yang keluar dari pelabuhan rakyat. Ada sekitar 20 kapal yang melakukan aktivitas bongkar muat barang dan memberikan retribusi sesuai dengan perda (Peraturan daerah),” ujarnya.

Untuk itu, Yan Purba mengatakan bahwa sudah seharusnya peningkatan pembangunan infrastruktur di pelabuhan tersebut dilakukan, sehingga kegiatan ekonomi bisa menjadi lebih mudah.

“Tahun ini akan dilakukan penyempurnaan pos jaga. Memang pelabuhan ini harus dikembangkan sehingga bisa menjawab kebutuhan. Timika ini merupakan pusat aktivitas ekonomi untuk kabupaten sekitar,” imbuhnya. (Salma)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment