Ormas Keagamaan Harus Berperan Menjaga Keutuhan NKRI

Bagikan Bagikan
Kepala Bidang Politik Dalam Negeri Bakesbangpol Kabupaten Biak Numfor  Muhamad Adil MM.(Foto-Antara)

SAPA (BIAK) - Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Kabupaten Biak Numfo, Papua, menghendaki ormas keagamaan seperti Badan Kontak Majelis Taklim (BKMT) berperan aktif dalam menjaga keutuhan NKRI, tetap tegaknya Pancasila, dan menjaga tetap bersatunya kemajemukan bangsa.

"Ormas juga bertujuan mencerdaskan bangsa serta menjaga keutuhan Undang-undang Dasar 45 sebagai ideologi negara," kata Kepala Bidang Politik Dalam Negeri Bakesbang Kabupaten Biak Numfor Muhammad Adil MM di Biak, seusai memberikan pembekalan ormas keagamaan Musda IV BKMT di Biak, Sabtu (5/1).

Adil mengatakan Undang-undang Dasar 1945 memberikan kebebasan kepada setiap warga negara untuk berpartai, berserikat dan berkumpul.

Maka setiap organisasi permasyarakatan yang terbentuk, menurut Adil, harus dikelola secara baik sehingga menjadi energi positif dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara yang menjadi perwujudan kesadaran pertanggungjawaban kolektif setiap warga negara untuk berpartisipasi dalam pembangunan.

"Keberadaan ormas Islam memiliki peran yang penting bagi Indonesia untuk terus kuat, bersatu, maju, dan menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)," ujarnya.

Dia berharap ormas Islam BKMT dapat memberikan kontribusi yang sangat besar dalam menjaga kehidupan keagamaan, sehingga keutuhan NKRI dapat terpelihara dan terjaga.

Ormas Islam, menurut Muhammad Adil, merupakan pilar penting umat, ormas Islam harus lebih banyak berperan dalam semua aspek kehidupan dengan melakukan bimbingan kepada umat.

Kelebihan Majelis Taklim, lanjut Adil, adalah fleksibilitasnya dalam hal waktu memberikan bimbingan kepada masyarakat, materi dakwah, dan umat yang menjadi target dakwah.

"Saya menghimbau anggota BKMT di Kabupaten Biak Numfor untuk menjadi pelopor dalam menjaga keutuhan NKRI," katanya.

Pembekalan politik untuk 118 anggota perwakilan BKMT di Kabupaten Biak Numfor berlangsung sehari di Hotel Arumbai Biak, Sabtu (5/1). (Ant)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment