Papua Dorong Kerja Sama Sister Province Dengan Selandia Baru

Bagikan Bagikan
Sekda Provinsi Papua Hery Dosinaen.(Foto-BP)

SAPA (JAYAPURA) - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua mendorong adanya kerja sama sister province dengan Pemerintah Selandia Baru seperti yang telah dilakukan dengan Papua Nugini (PNG).

Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Papua Hery Dosinaen, di Jayapura, Kamis (10/1), mengatakan kerja sama sister province ini tentunya akan terbagi dalam berbagai aspek, yang tentunya diharapkan ada referensi dari Selandia Baru untuk Bumi Cenderawasih.

"Kami akan melakukan studi banding ke Selandia Baru untuk mengetahui kira-kira wilayah mana yang cocok atau sesuai dengan karakter Provinsi Papua," katanya.

Menurut Hery, selain itu, tawaran beasiswa baik bagi mahasiswa maupun pegawai pemerintahan dari Selandia Baru untuk Provinsi Papua ke depannya akan dilakukan konsolidasi terlebih dahulu.

"Namun satu hal yang penting adalah, dari kesemuanya, harus dilakukan koordinasi mengenai kerja sama 'sister province' yang untuk menyusunnya, terlebih dahulu akan dibuatkan payung hukum," ujarnya.

Dia menambahkan selain beasiswa, hal-hal menarik dari kunjungan rombongan Kedutaan Besar Selandia Baru ke Provinsi Papua adalah tawaran kerja sama di bidang pelayanan publik, pertanian dan lain sebagainya.
Kepala Biro Perbatasan dan Kerja Sama Luar Negeri Provinsi Papua Suzana Wanggai mengatakan keberadaan kerja sama sister province ini sangat penting sehingga harus didorong sejak dini.

"Kami sangat mengapresiasi Pemerintah Selandia Baru atas kunjungan yang dilakukan ke Papua dan tawaran-tawaran kerja sama di berbagai bidang," katanya.  (Ant)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment