Pemprov Papua Barat Bentuk Biro ULP

Bagikan Bagikan
Gubernur Papua Barat Dominggus Mandacan.(Foto-Papuakini)

SAPA (MANOKWARI) - Pemerintah Provinsi Papua Barat membentuk Biro Unit Layanan Pengadaan (ULP) Barang dan Jasa untuk memperlancar proses tender proyek di daerah ini.

"Saya sudah tanda tangani Pergub (Peraturan Gubernur) terkait pembentukan Biro ULP. Peresmiannya tinggal menunggu pejabatnya yang akan kita peroleh dari proses lelang jabatan tinggi pratama yang saat ini sedang berlangsung," kata Gubernur Papua Barat Dominggus Mandacan, di Manokwari, Jumat (25/1).

Ia menyebutkan, pelantikan pimpinan organisasi perangkat daerah (OPD) baru ini akan dilaksanakan bersama 13 OPD lain kini sedang dalam proses lelang jabatan.

Dia berharap kehadiran Biro ULP bisa mengatasi permasalahan tender proyek selama ini masih sering terjadi. Penerapan tender proyek secara elektronik yang diberlakukan dua tahun terakhir membuat proses pekerjaan terlambat serta berdampak pada daya serap anggaran.

Selama ini pelaksanaan tender proyek dilaksanakan oleh Biro Perlengkapan dan ULP.

Gubernur berharap, pelaksanaan tender proyek hingga penandatanganan kontrak kerja lebih cepat diselesaikan.

"Orang-orang yang ditempatkan di Biro ULP ini profesional, punya sertifikat untuk melaksanakan pelelangan," ujarnya pula.

Pemprov Papua Barat, kata Mandacan, berkomitmen mempercepat proses pelelangan pekerjaan tahun anggaran 2019.

Selain telah menandatangani Pergub Pembentukan Biro ULP, ia juga telah menandantangani SK pembentukan Pokja (Kelompok Kerja) Pelelangan Proyek.

"DPA sudah kita serahkan, sehingga pokja yang sudah dibentuk segera bekerja mempersiapkan tender," katanya lagi.

Dia ingin serapan anggaran meningkat dari tahun ke tahun.

Kecepatan proses tender dinilai sangat berpengaruh bagi pelaksanan program pembangunan. Dia menargetkan pekerjaan fisik sudah dapat dimulai pada Maret. Segala sesuatu yang terkait administrasi proyek diharapkan rampung pada Februari.

"Kalau lelang cepat dilakukan, maka pekerjaan fisik juga mulai lebih cepat, sehingga pada akhir tahun semua anggaran telah terserap. Itu artinya, apa yang kita targetkan terbangun tahun ini dapat terlaksana," ujar Dominggus Mandacan. (Ant)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment