Pemprov Papua Tunggu Jadwal Penerimaan CASN

Bagikan Bagikan
Gubernur Papua Lukas Enembe.(Foto-Antara)

SAPA (JAYAPURA) - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua hingga kini masih menunggu jadwal penerimaan Calon Aparatur Sipil Negara dari pusat meskipun tahun 2019 sudah diketahui akan dibuka rekrutmen CASN di lingkungan setempat.

Gubernur Papua Lukas Enembe, di Jayapura, Selasa (8/1), mengatakan kepastian pembukaan penerimaan CASN di lingkungan pemprov setempat ini setelah adanya penundaan pada 2018.

"Sebenarnya setelah selesai pertemuan antara Pemprov Papua bersama Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) di Jakarta, pihak kementerian berencana memanggil para sekda dan kepala badan kepegawaian daerah kabupaten/kota dan juga provinsi," katanya.

Menurut Lukas, tapi hingga kini belum ada, dan pihaknya juga sudah menyurati Badan Kepegawaian Nasional (BKN) untuk 2019 mulai dilakukan penerimaan CASN.

"Ke depan Kemendagri akan melakukan penerimaan dan menentukan waktu serta jadwal seleksi atau tes dari Jakarta (Pemerintah Pusat)," ujarnya.

Sebelumnya, Pemprov Papua mendorong penerimaan CASN 2018 dilakukan di wilayah ini guna menghindari kekhawatiran munculnya dampak sosial. Apalagi tingkat pencari kerja di Bumi Cenderawasih masih lebih dominan ingin menjadi pegawai negeri, sehingga meminta kepastian waktu terkait perekrutan CASN 2018. Pasalnya hingga kini belum ada "sinyal" dari Pemerintah Pusat.

Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Papua Hery Dosinaen mengatakan, pemprov setempat telah mengumpulkan seluruh OPD terkait agar bisa segera mengambil langkah, namun satu hal yang pasti, yakni tetap mendorong perekrutan CASN wajib dengan sistem manual, sementara kelulusannya ditentukan melalui peringkat tertinggi serta kewenangan kepala daerah.

Pasalnya, Pemprov Papua sudah menduga jika menerapkan sistem daring atau online maka akan menyulitkan anak-anak di Papua. Hingga kini saja, untuk penerimaan secara daring banyak sekali yang tidak lulus bahkan ada provinsi yang tidak lulus sama sekali. (Ant)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment