PN Timika Segera Aktifkan Aplikasi e-Court

Bagikan Bagikan
Kepala Pengadilan Negeri Kota Timika, Relly D. Behuku. (Foto- Jefri Manehat)

SAPA (TIMIKA) - Pengadilan Negeri (PN) Kota Timika dalam waktu dekat akan mengaktifkan aplikasi e-Court atau yang disebut juga peradilan eletronik. Aplikasi ini merupakan terobosan baru yang diluncurkan Mahkamah Agung (MA) berbasis elektronik yang memanfaatkan kemajuan teknologi informasi.

“Itu merupakan program unggulan dari MA, jadi itu sangat membantu masyarakat. Dimana ada yang ingin mendaftar perkara, tidak lagi datang langsung ke MA, namun bisa melakukannya melalui aplikasi yang ada dan disitu orang yang ingin mendaftar perkara tersebut dapat mengajukannya melalui aplikasi tersebut,” kata Ketua PN Kota Timika, Relly D. Behuku, SH., MH saat ditemui awak media di Graha Eme Neme Yauware, Jumat (25/01).

Relly mencotohkan, untuk di wilayah Papua jika masyarakat ingin mendaftarkan perkara ke MA, biasanya harus berangkan untuk didaftar melalui Jayapura. Dengan adanya aplikasi ini, masyarakat sudah bisa mendaftarkan perkara hanya melalui aplikasi e-Court.

Aplikasi ini sudah di launching secara resmi oleh Ketua MA pada Desember 2018 di Balikpapan. Sedangkan untuk di wilayah Papua dan Papua Barat itu sudah dilakukan di Kabupaten Sorong, dan diharapkan Timika segera mengikutinya.

“Tanggal 15 bulan Februari kami akan melakukan training kepada seluruh pengacara yang ada di Kabupaten Mimika,’’ ungkapnya.

Program ini, kata Relly, lebih mendekatkan pelayanan aparat keadilan dengan masyarakat, karena dalam aplikasi juga sudah ada jawaban-jawaban atas pertanyaan yang ditanya masyarakat pencari keadilan.

“Untuk sementara ini hanya berlaku dikalangan pengacara, namun akan tetap berlaku juga kepada masyarakat,” ujarnya. (Jefri Manehat)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment